Jepang Berduka, Banjir Tewaskan Lebih 100 Orang

FAJAR.CO.ID - Jepang tengah berduka karena dihantam banjir dan tanah longsor. Jangan bayangkan banjirnya seperti Jakarta. Di sana lebih dahsyat dan hanya menyisakan atap rumah. Jumlah korbannya pun luar biasa: lebih dari 100 orang.

Banjir dan tanah longsor di Jepang dipicu hujan deras yang melanda beberapa daerah di bagian barat. Dimulai dari Kamis (5/7) hingga Minggu (8/7). Intensitas hujan kali ini tiga kali lebih besar dibanding hujan bulan Juli pada umumnya.

Dikutip dari media Jepang NHK, hingga kemarin, korban tewas mencapai 112 orang. Tiga orang dalam kondisi kritis, 79 lainnya masih hilang. Dari 112 yang tewas, 87 orang tewas akibat banjir. Sisanya karena tanah longsor dan sebab lain.

Menilik data, besar kemungkinan jumlah korban itu melampaui tahun 1983, saat bencana serupa merenggut 117 nyawa.

Surat kabar Asahi Shimbun melaporkan sebagian besar korban jiwa, 42 orang berasal dari Prefektur Hiroshima. Disusul Ehime, Okayama, Kyoto, Yamaguchi, Fukuoka, Shiga, Gifu, Saga dan Kochi.

Jumlah korban hilang tertinggi juga berada di Prefektur Hiroshima, hampir mencapai 50 orang. Gambar udara yang diterbitkan oleh Asahi Shimbun menunjukkan puluhan rumah di Hiroshima hancur total akibat longsoran lumpur. Jalan-jalan dan rel kereta api terputus.

Jubir Pemerintah Yoshihide Suga mengatakan, setidaknya 73 ribu petugas tim gabungan kepolisian, pemadam kebakaran dan pasukan bela diri telah dikerahkan untuk misi pencarian dan penyelamatan korban.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...