Sandang Gelar Magister, Tesis Pangdam Hasanuddin Bahas Konflik Poso

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti resmi menyandang gelar magister ilmu komunikasi dari Universitas Hasanuddin. Dengan judul “Strategi Komunikasi TNI AD Dalam Pelaksanaan Pembinaan Teritorial Paska Konflik di Poso Sulawesi Tengah”, ia mendapatkan predikat sangat memuaskan.

Agus tak mampu menahan rasa haru atas nilai akademik yang dicapainya. Prestasi tersebut membuatnya terkenang akan orang tuanya yang tingkat pendidikannya hanya sampai BA.

“Salah satu alasan saya melanjutkan S2, karena ayah saya tingkat pendidikannya hanya sampai pada BA dan berprofesi sebagai guru. Kalau mengingat keduanya yang sudah meninggal saya selalu terharu,”ujar Agus sambil menundukkan kepala.

Salah satu temuan menarik penilaian ini adalah pesan yang disampaikan melalui strategi komunikasi dalam Binter yang dilaksanakan oleh TNI AD, pada masa konflik berfokus pada upaya memperkecil ekalasi konflik dan mencegah terjadinya letupan kekerasan.

“Tesis ini sangat kaya data dan metodologi, sehingga memiliki kualitas yang sangat memuaskan. Semua pertanyaan yang dibolak- balik dari aspek metodologi, fakta dan temuan semuanya dapat dijawab dengan baik,”ujar Hafied Cangara, sebagai pembimbing Agus SB.

Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini, mengambil informan dari komunitas Islam dan non Islam serta mantan teroris. Salah satu temuan menarik adalah mantan teroris Islam telah mengalami deradikalisasi melalui pesan-pesan yang disampaikan oleh TNI AD melalui Binter.

Tesis yang ditulis oleh Mayjen TNI Agus Surya Bakti merupakan kompilasi data dan teori yang menggabungkan teori komunikasi dan teori konflik. Kekayaan data dan ketajaman analisis menginspirasi para penguji untuk mendorong Agus SB untuk melanjutkan ke tahap doktoral.

“Dengan gelar magister ini, saudara Agus berhak untuk melanjutkan pendidikan doktoral di kampus manapun,”pungkas Hafied Cangara. (Sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...