19 Negara Sahabat Kunjungi Kodam Hasanuddin, Ini yang Dilakukan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 19 negara sahabat yang tergabung dalam Atase Pertahanan Militer melakukan kunjungan ke Kodam XIV/Hasanuddin, Jalan Urip Sumohardjo Makassar, Rabu (11/7/18).

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen Agus Surya Bakti mengatakan dasar kunjungan para negara sahabat yang tergabung dalam Atase Pertahanan ini merupakan kerjasama militer. Selain itu, kunjungan mereka untuk mengenal budaya masing-masing negara.

19 negara tersebut, di antaranya Rusia, Australia, Jepang, Kanada, Thailand, Brazil, Norwegia, Papua Nugini, Denmark, Cina, dan Inggris.

“Khusus kerjasama dengan Atase Pertahanan, pada level mabes TNI, Kodam itu pelaksana tugas misalkan tugas dalam perdamaian dan pertahanan,”kata Agus.

Pangdam menegaskan, dalam kunjungan 19 negara sahabat tersebut, mereka disuguhkan informasi seputar keberagaman adat istiadat yang merupakan kekuatan bangsa Indonesia dalam mengahadapi setiap ancaman.

“Kami juga tidak bisa saling tukar informasi karena waktu yang relatif singkat kami hanya bicara sedikit. Saya juga bicara ke mereka Masalah adat istiadat yang merupakan kekuatan bangsa, sehingga saya tekankan kepada mereka bagaimana sistem pertahanan di Indonesia yang siap melawan setiap ancaman,”ujarnya.

Para negara sahabat itu juga menyinggung keberhasilan aparat keamanan negara dalam Pilkada serentak yang berlangsung beberapa waktu lalu. Mereka mengapresiasi koordinasi dan kinerja dari TNI-Polri dalam menciptakan kondisi pilkada yang aman.

“Berarti mereka memonitor. Kalau mereka melihat pilkada berhasil dan menyatakan apresiasi itu adalah hal yang wajar dalam sebuah diplomasi militer,”tutupnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...