Hadapi Gugatan Sumanga’NA di MK, KPU Siapkan Data Mutakhir

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Tim hukum pasangan calon (paslon) Pilkada Bantaeng nomor urut dua, Andi Sugiarti-Andi Mappatoba (Sumanga’NA) melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun mengaku siap menghadapi gugatan tim hukum paslon.

Komisioner Divisi Perencanaan Anggaran dan Logistik KPU Bantaeng, Syamsul Qadri mengatakan, pihaknya menghargai hak tim hukum Sumanga’NA yang mengajukan permohonan gugatan di MK pada Senin, 9 Juli 2018 pukul 17:19:30 WIB dengan APPP Nomor 19/1/PAN.MK/2018. dengan kuasa hukum dipercayakan kepada Feldy Taha dkk.

“Insya Allah, kami sudah siap menghadapi hal itu (gugatan). Kita lihat saja apakah gugatan yang diajukan ke MK akan berlanjut atau tidak,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (12/7).

Dia juga mengatakan, bahwa jauh – jauh hari KPU Bantaeng sudah siap menghadapi kemungkinan yang terjadi salah satunya pemilih ganda.

“Yang berkaitan dengan data, kami sudah mempersiapkan dokumennya jauh – jauh hari sebelumnya dan kami sudah mempersiapkan data yang telah dimutakhirkan. Data itu hasil dari semua tahapan dan semua paslon mengikuti pemutakhiran data itu,” tambahnya.

Salah satu Tim Hukum Sumanga’NA, Fajri mengatakan bahwa pihaknya telah mengantongi bukti – bukti sebesar 80 persen.

“80 persen bukti – bukti sudah ada di Tim Hukum yang sementara di Jakarta. sisanya sudah dipersiapkan untuk dikirim ke Jakarta,” katanya.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa bukti – bukti pelanggaran yang telah dia kantongi telah memenuhi unsur Terstruktur, Sistematis dan Massif (TSM).

“Kalau bukti – bukti yang kami miliki itu meliputi 7 kecamatan. Artinya TSM itu sangat terpenuhi,” jelasnya. (jejeth/raksul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment