Peringatan untuk Pendatang, Jangan Coba-coba Lupa KTP! – FAJAR –
Kriminal

Peringatan untuk Pendatang, Jangan Coba-coba Lupa KTP!

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN  –  Saat ini arus balik pasca Hari Raya Idulfitri terus berlangsung seiring akan tuntasnya libur sekolah. sejumlah pemudik ada yang sudah tiba di Kota Balikpapan dengan membawa sanak saudara sebagai pendatang baru. Agar tetap terjadi disiplin administrasi kependudukan dan menghindari hal yang tidak diinginkan, pihak Kecamatan Balikpapan Timur akan melakukan razia Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi para pendatang baru.

Sekretaris kecamatan Balikpapan Timur, Suwandi mengaku, dalam waktu dekat ini pihaknya segera berkoordinasi dengan Kepolisian Polsek Baltim, Koramil Baltim, Satpol PP dan pihak kelurahan untuk bersama-sama melakukan razia identitas terhadap pendatang di Balikpapan Timur.

“Dari razia identitas tahun-tahun lalu, banyak yang tidak memiliki identitas, padahal sudah lama tinggal di Balikpapan Timur. Bahkan pihaknya banyak menemukan warga yang tinggal di Balikpapan satu hingga dua tahun tidak memiliki identitas,” ujar Suwandi.

Untuk itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pemeriksaan identitas oleh pihak kecamatan dan Satpol PP. Baik itu di indekos maupun di sejumlah penginapan yang ada di Balikpapan Timur, untuk mengantisipasi pendatang baru masuk tanpa kelengkapan administrasinya.

“Kemungkinan seminggu ke depan kami melakukan razia KTP. Sehingga warga menyadari perlu melengkapi diri dengan identitas,” singkatnya.

Sedangkan upaya untuk membantu masyarakat untuk memiliki identitas telah dilakukan. Warga yang tidak memiliki KTP pun akan difasilitasi ketua RT untuk membuat kartu identitas.

“Seperti hasil rapat, warga yang terjaring diserahkan ke ketua RT untuk ditindaklanjuti. Ini upaya agar warga dilengkapi dengan identitas. Warga yang sudah lama tinggal, namun belum memiliki KTP akan didampingi ketua RT dan mendapatkan prioritas,” jelasnya.

Selain itu, hal ini dilakukan untuk mendata pendatang baru. Serta mengingatkan pemilik indekos yang ada di Baltim untuk melaporkan penghuni baru. Sebab, pihaknya masih banyak menerima keluhan dari sejumlah RT, lantaran pemilik indekos tidak melaporkan pendatang baru.

“Upaya ini guna menghindari penyewa kamar atau rumah yang merupakan oknum pelaku kejahatan dan membahayakan warga sekitarnya,” pungkas mantan Lurah Manggar ini. (dan/cal)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!