450 Calon Jamaah Haji Siap Merapat di Asrama Haji

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 450 calon jamaah haji kloter 3 dipastikan akan merapat ke Asrama Haji Sudiang, Rabu 18 Juli. Calon jamaah haji ini berasal dari Makassar sebanyak 38 orang dan 412 orang dari Kabupaten Wajo.

“Kloter 2 besok jam 8 pagi dan jam 9 malam sudah masuk di Asrama Haji Sudiang,”singkat Plt Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Iskandar Fellang, Selasa (17/7/18).

Sebelumnya pemberangkatan calon jamaah haji kloter pertama asal kota Makassar berlangsung sore tadi, sekira pukul 16.57 Wita. Dimana jumlah jamaah yang berangkat sebanyak 455 orang.

Namun jumlah jamaah tersebut harus diisi dari kloter yang berbeda, hal ini dilakukan karena beberapa faktor diantaranya calon jamaah yang wafat, dan sakit sebelum berangkat.

“Jadi total calon jamaah haji yang berangkat hari ini kloter pertama Makassar 455 orang menjadi 453 orang karena ada yang wafat satu orang dan sakit satu orang, dan satu orang tunda karena sakit, makanya kami memutasi dari kloter 9 untuk mengisi kekosongan tersebut,”beber Iskandar Fellang.

Meski demikian, jamaah yang tunda telah dirujuk ke rumah sakit, dan sewaktu waktu sudah sehat dan laik terbang, mereka akan diberangkatkan pada kloter selanjutnya.

“Kemungkinan bisa karena kloter 9 sudah ada yang kosong, dan sudah ada yang sudah di mutasi untuk isi kekosongan di kloter satu. Maka jika sehat nantinya dia yang akan mengisi kloter itu,”lanjutnya.

Dikatakan Iskandar, Sejauh ini belum ada peraturan baru untuk jamaah, namun pihaknya mengakui ada kendala pada kebijakan baru mengenai geometrik.

“Perkembangan biometrik Alhamdulillah sudah cepat, sebelumnya kan 7 tapi saya lihat tadi baru 8 yang beroprasi dari 12 yang disiapkan. dan mudah mudahan lebih cepat dan koneksinya dengan Arab Saudi lebih bagus,”jelasnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...