Pendaftaran Ditutup, Hanya PKPI Jogja Tak Daftarkan Bacaleg

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JOGJA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) resmi menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg), Selasa (17/7) pukul 24.00 WIB. Total ada 15 partai politik (parpol) yang menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg.

Ada satu parpol yang tidak melakukan pendaftaran bacaleg untuk tingkat provinsi. Yakni, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). “Hanya PKPI yang tidak mendaftar. Beberapa parpol juga tidak memenuhi kuota (55 bacaleg),” kata Ketua KPU DIJ Hamdan Kurniawan, Rabu (18/7).

Untuk parpol yang tidak memenuhi kuota, sampai saat ini masih dalam proses pendataan. Hari ini, KPU juga melakukan verifikasi seluruh berkas yang ada. “Datanya belum kami rekap. Karena kami rampungkan dulu verifikasi administrasi,” tutur Hamdan.

Setelah proses verifikasi administrasi, KPU akan mengundang seluruh pengurus parpol tingkat provinsi dan bacaleg pada Jumat (20/7) mendatang. Hal itu untuk menyampaikan ada tidaknya kekurangan persyaratan yang harus dipenuhi.

Sementara untuk di Kabupaten Sleman, 16 parpol seluruhnya menyerahkan berkas bacaleg. Khusus PKPI paling sedikit, yaitu hanya 3 calon. Sedangkan untuk batasan kuota sebanyak 50 bacaleg yang didaftarkan, hanya beberapa parpol yang memenuhi. Yaitu Golkar, Gerindra, PAN, PDI Perjuangan, PKS, PKB, dan Nasdem. “Sleman semua parpol mendaftarkan bacalegnya,” ungkap Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi.

Terpisah, Ketua KPU Kulon Progo Muh Isnaini mengatakan, PKPI juga tak mendaftarkan bacalegnya hingga batas akhir. “Jadi hanya 15 parpol saja. PKPI tidak,” ujarnya.

Dari 15 parpol, hanya 6 partai yang memenuhi kuota sebanyak 40 bacaleg. Untuk partai yang paling sedikit mendaftarkan adalah Garuda dan PSI. (dho/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...