Jaga Stabilitas Garam, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Kamis, 19 Juli 2018 - 07:05 WIB

 FAJAR.CO.ID,MAKASSAR—Upaya untuk menjaga pasokan dan stabilitas garam terus dilakukan. Pemakain sistem resi gudang menjadi salah satu langkah yang sementara dilakukan pemerintah.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalia Sumber Daya Kelautan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Nursalam menyampaikan program resi gudang untuk tahap awal akan dilakukan di Gudang Garam Nasional (GGN) yang berada di Indramayu.

“Nanti gudang garam lain akan menyusul. Termasuk GGN kita yang ada di Pangkep,” kata Nursalam, Rabu, 18 Juli.

Nursalam merinci, sistem resi gudang merupakan sistem yang bukti kepemilikan atau resi atas garam yang disimpan di gudang yang diterbitkan oleh pengelola gudang.

“Bukti kepemilikan yang diterbitkan pengelola gudang atau resi atas garam yang disimpan dapat digunakan sebagai jaminan untuk menarik pembiayaan,” tuturnya.

Dalam penerapan sistem resi garam nanti, lanjutnya, PT Garam akan bertindak sebagai penyerap (off taker) garam milik petani yang di simpan di gudang, dan akan ada perbankan yang menjadi pendukung dari segi finansial.

“Adapun bantuan finansial yang diberikan pihak perbankan akan lebih kepada pembiayaan bagi para petani,” bebernya. (abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.