Kabidnya Terkena OTT, Ini Penjelasan Kadis Pendidikan Pangkep

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, Idris Sira angkat bicara terkait ditangkapnya satu kabid yang bekerja di instansinya itu.

Dia membeberkan, penerima tunjangan daerah terpencil (dacil) untuk Kabupaten Pangkep, terdapat pada dua kecamatan di wilayah pulau terluar. Kecamatan Liukang Kalmas dan Kecamatan Liukang Tangaya.

“Program dacil ini sudah lama di Pangkep, bahkan pernah kuotanya sampai 500 orang. Data terbaru kita sejak tahun lalu itu hanya ada dua kecamatan saja. Adapun total penerimanya itu sebanyak 80-an orang,” bebernya.

Adapun mekanisme pencairan anggaran untuk dacil yang berasal dari APBN itu melalui kas daerah. Kemudian disalurkan ke masing-masing guru penerima dacil.

“Jadi mekanisme pencairanya itu, melalui kas daerah, kemudian kita rekomendasikan terlebih dahulu sebelum dicairkan. Melalui bank kemudian ke masing-masing rekening penerima,” paparnya.

Sementara untuk nilai per orang dalam penerima dacil sebesar satu kali gaji pokok.

“Nilainya bergantung besaran gaji pokok. Tetapi dibayarkan per tiga bulan. Jadi kalau gajinya Rp4 juta per bulan itu dacil yang cair sekitar Rp12 juta. Jadi biasanya berkisar Rp10 juta- Rp12 juta per tiga bulan diterima,” ucapnya.

Kabid yang kena operasi tangkap tangan (OTT) Polres Pangkep diduga melakukan pungli dacil. (fit)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...