Pariwisata Kota Semarang Masuk 10 Terbaik Nasional

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:09 WIB

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Kota Semarang terpilih menjadi 10 Kota Terbaik Nasional pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards (Yowita) 2018.

Anugerah penghargaan di bidang pariwisata tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata RI Arief Yahya kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang diwakili Asisten Administrasi Umum Masdiana Safitri di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (20/7) malam.

Selain 10 kota terbaik Nasional, pariwisata Kota Semarang terpilih menjadi Kabupaten/Kota terbaik di Provinsi Jawa Tengah oleh Mendagri RI.

Kedua kategori penghargaan tersebut berkat tangan dingin Walikota Semarang yang juga akrab disapa Hendi dalam memimpin Kota Semarang sejak tahun 2016 yang terus meningkatkan performansi, inovasi serta komitmen membangun pariwisata daerah.

Lewat kepemimpinannya, sektor-sektor pariwisata Kota Semarang semakin tumbuh dan berkembang, sehingga Kota Semarang yang dulunya merupakan kota perdagangan dan jasa kini bertransformasi menjadi kota pariwisata.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai destinasi lokasi wisata baru yang terus tumbuh di Kota Semarang di antaranya Pasar Semarangan Tinjomoyo yang dulu merupakan sebuah hutan disulap menjadi pasar digital yang dipadati pengunjung setiap Sabtu dan Minggu. Ada juga Kota Lama yang terus menunjukkan eksotikanya, Desa Wisata Kandri dan destinasi pariwisata lainnya.

Indikator lain ditunjukkan melalui peningkatan jumlah wisatawan di Kota Semarang yang semula 2 juta pada tahun 2011, kemudian meningkat tajam di tahun 2017 sebesar 5,6 juta wisatawan per tahun.

Jumlah hotel pun meningkat, tercatat semula 110 hotel pada tahun 2011 saat ini tumbuh menjadi lebih dari 300 hotel hingga tahun 2017. Selain itu pada tahun 2011 tercatat hanya ada 463 restoran di Kota Semarang, dan saat ini juga hingga 2017 telah bertambah menjadi sebanyak lebih dari 825 restoran.

Walikota Hendi mengungkapkan bahwa prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh komponen masyarakat di dalam bersama-sama memajukan sektor pariwisata.

“Penghargaan ini tentunya menjadi sebuah motivasi bagi seluruh masyarakat untuk bagaimana kemudian melanjutkan tren positif di dalam memajukan pariwisata di Kota Semarang,” katanya.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 adalah anugerah penghargaan pariwisata yang diberikan YOKATTA News bekerjasama dengan Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata RI.

Adapun, 10 Kota Terbaik Nasional pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 adalah Kota Balikpapan, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar, Padang, Palembang, Semarang, Surabaya dan Yogjakarta.

Untuk 10 Kabupaten Terbaik Nasional diraih oleh Kabupaten Bantul, Banyuwangi, Badung, Bandung, Buleleng, Bogor, Gianyar, Klungkung, Sidoarjo dan Sleman.

Pada kesempatan itu, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengungkapkan, Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan penghargaan kepada Pemerintah Kota/Kabupaten di Indonesia yang memiliki komitmen, inovasi, performansi, leadership dan kreasi dalam membangun pariwisata daerah.

Guna mendukung pencapaian target kunjungan 275 juta wisatawan nasional dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

“Selain itu, dari pariwisata kita juga punya target 5,5% kontribusi PDB Nasional, 280 triliun devisa, penyerapan 13 juta tenaga kerja, dan peringkat 30 Indeks Daya Saing (WEF),” kata Arief.

Menteri Pariwisata juga menyampaikan apresiasi penyelenggaraan ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 yang baru pertama kalinya dilaksanakan, sebagai upaya mendorong pemerintah daerah di seluruh Indonesia membangun potensi pariwisata. Sekaligus mendukung pariwisata nasional yang ditetapkan sebagai leading sektor dalam perekonomian nasional.

“Peran Pemerintah Daerah sangat besar dalam mengembangkan pariwisata Indonesia. Karena itu, Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen tinggi pada pariwisata, sudah sewajarnya diberikan apresiasi setinggi-tingginya,” imbuhnya. (sen/yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.