E-Ticketing KRL sudah Kembali Normal

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hore! Pengguna KRL tidak perlu lagi ngantre di loket stasiun membeli karcis. Pasalnya, upgrade sistem tiket elektronik, Senin siang  (23/7) sudah  normal kembali. Penumpang sudah bisa membeli tiket secara e-ticketing.

Sebelumnya, pada Senin pagi terjadi antrean penumpang yang hendak membeli tiket kertas di sejumlah stasiun.

“Seluruh stasiun KRL sudah dapat kembali melayani transaksi elektronik menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik dari bank dan Tiket Harian Berjaminan (THB),” ujar Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti, Senin (23/7).

Ia menambahkan, pembaharuan dan pemeliharaan sistem tiket elektonik berlangsung sejak Sabtu lalu (21/7). Saat ini proses tersebut telah rampung.  Hal itu merupakan upaya PT KCI meningkatkan keandalan sistem tiket elektroniknya.

“Upaya ini berlangsung dalam skala besar, karena ada sekitar 1.800 perangkat tiket elektronik, berupa gate, vending machine, mesin loket dan sebagainya, yang tersebar di 79 stasiun,” jelas Wiwik.

Adapun terkait penerapan sistem tiket kertas, menurutnya adalah upaya PT KCI melakukan upaya mitigasi sesuai SOP pada saat sistem tiket elektronik tidak berfungsi. Para pengguna dilayani menggunakan tiket kertas dengan tarif Rp 3.000 ke semua stasiun tujuan.

“Kenapa tarifnya flat Rp 3.000, ini untuk kenyamanan pengguna KRL. Supaya pelayanan di loket cepat. Untuk mengurai kemacetan di loket.

Kalau pakai zonasi, nanti akan membuat antrean lebih panjang,” jelas Wiwik.

Disinggung kenapa tidak menggratiskan saja? “Kalau gratis aturannya tidak diperbolehkan,” ujarnya. Wiwik menambahkan, pihaknya belum mengetahui berapa kerugian yang dialami. “Kerugian belum dihitung,” jelasnya.

Wiwik menambahkan, masalah yang timbul di kartu milik pengguna akibat proses bisnis yang dijalani kurang sempurna selama tiga hari ini, dapat diselesaikan di loket stasiun terdekat.

“Pengguna memiliki waktu hingga 7 hari ke depan untuk menyelesaikan dan menormalkan kembali kartunya,” pungkasnya. (dai/idp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...