Daftar Tunggu Haji di Malang Hingga 23 Tahun, Sabar Ya…

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MALANG – Masyarakat Kabupaten Malang yang ingin berangkat berhaji harus ekstra sabar. Pasalnya, daftar tunggu haji reguler untuk Kabupaten Malang hingga 23 tahun. Artinya jika mendaftar tahun ini, maka pemberangkatan hajinya baru 2041 mendatang.

Hal itu disampaikan Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang Son Haji. “Untuk yang pendaftaran tahun ini, bulan ini dan dua bulan lagi, sudah beda. Jadi estimasi pemberangkatannya ditambah 23 tahun dari sekarang,” kata Son Haji, Selasa (24/7).

Setiap tahun, Jawa Timur (Jatim) mendapat jatah kuota pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) lebih dari 35 ribu orang. Jumlah tersebut kemudian dibagikan ke kabupaten atau kota yang ada.

Setiap keberangkatan berada di sekitar dua ribu jamaah. Tahun lalu, Kabupaten Malang berangkatkan sekitar 1.700 orang. “Semakin lama makin meningkat. Animo masyarakat sangat tinggi untuk pergi haji,” ucapnya.

Menurut Son, setiap harinya ada sekitar 30 orang yang mendaftarkan diri untuk pergi haji ke Kantor Kemenag Kabupaten Malang. Jadi per bulan ada sebanyak 600 orang yang masuk dalam daftar tunggu haji. “Memang antrean panjang ini tidak bisa dihindari,” terang Son.

Daftar tunggu yang cukup lama juga dipengaruhi batasan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi. Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji bagi Indonesia sebesar 221 ribu jamaah.

Hal ini karena ada beberapa negara yang muslimnya sedikit dan animo hajinya tidak begitu tinggi. Jadi tidak memenuhi kuota yang diberikan Saudi. “Ini dulu ada wacana kami mau minta. Jadi Indonesia itu minta agar bisa ditambah,” pungkas Son Haji. (tik/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...