Gelar Rakor, Kemensos Targetkan 15 Juta Penerimaan Bansos

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kementrian sosial menargetkan 15 juta penerimaan bantuan sosial ditahun 2019. Penerimaan tersebut diberikan secara nasional kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Direktur Penanganan Fakir Miskin Kemensos, Abdul Hayat Gani mengatakan penerimaan tersebut meningkat setelah ditahun sebelumnya hanya sekitar 10 juta KPM.

“Tahun 2019 ini kami berusaha menambah keluarga penerima manfaat (KPM), kita rencanakan dari 10 juta menjadi 15 juta penerima ini secara nasional bukan hanya Sulsel,”kata Gani usai rapat koordinasi pelaksanaan bantuan sosial pangan wilayah III di Hotel Four Point’ Makassar, Senin (23/7/18).

Namun, penerimaan bantuan sosial tersebut harus memiliki data akurat. Untuk itu, kata Gani, rapat ini menjadi evaluasi bagi petugas dilapangan untuk menyalurkan bantuan tersebut supaya tepat sasaran.

“Keluarga penerima manfaat (KPM) tentunya masih kita tambah karena dengan banyaknya temuan-temuan masih banyak orang miskin yang banyak tidak didata,”lanjutnya.

Menurutnya, pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemiskinan, diantaranya memberikan bantuan berupa bahan sandang pangan. Kemudian untuk meningkatkan pendapatan masyarakat bisa melalui bantuan dana usaha.

“Dan khusus di wilayah timur Indonesia ini proses edukasinya. Meskipun sudah dilakukan rakor, bimtek, tetapi kalau masyarakat pendamping tidak terjun langsung akan susah juga. Karena kesenjangan pendidikan, kesenjangan geografis, kesenjangan kesehatan, Sehingga betul-betul harus tepat pada sasarannya,”terangnya.

Ia berharap, dengan rapat kerja tersebut efektivitas dan efisiensi pelaksanaan bansos ini betul-betul mengenai sasarannya.”Distribusi yang susah di wilayah timur itu di Papua karena faktor lapangan yang sulit dijangkau,”jelasnya.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...