Irman YL Terapkan Standar Adab Guru, SMA SMK Sulsel Raih Penghargaan Sekolah Ramah Anak Terbaik di Indonesia

0 Komentar

Makssar — SMA Negeri 3 Makassar meraih penghargaan sebagai Sekolah Ramah Anak Terbaik di Indonesia. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise dalam acara puncak peringatan Hari Anak Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/7/2018) malam tadi.

SMAN 3 Makassar terpilih bersama 19 satuan pendidikan lainnya yang tersebar di Indonesia. Khusus untuk di Sulsel, selain SMAN 3 Makassar, ada SMKN 1 Bantaeng, MAN 1 Soppeng dan MIN 1 Takalar yang meraih penghargaan serupa.

Keempat sekolah tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Sekolah Ramah Anak karena dinilai telah konsisten terhadap perlindungan dan memprioritaskan kepentingan terbaik pada anak. Penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA) diberikan kepada sekolah yang secara terus-menerus menciptakan lingkungan menyenangkan untuk seluruh warga sekolah, melibatkan partisipasi anak dalam program dan penerapan disiplin positif. Penilaian ini dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sejak tahun lalu hingga sekarang.

Perlu diketahui, Salah satu yang menjadi nilai lebih karena SMA dan SMK di Sulsel, sejak Disdik dinahkodai Irman Yasin Limpo, dilengkapi dengan pendidikan standar adab kepada guru.

Bahkan, ada regulasi khusus yang mengatur tentang standar adab. Standar adab guru antara lain, guru tidak boleh berkata kasar pada anak didik, guru tidak sekadar menjadi pengajar tapi menjadi pendidik untuk membentuk karakter anak didik, tidak diskriminatif terhadap anak didik baik, mengedepankan sopan santun dalam proses belajar mengajar, dan lain sebagainya

“Penghargaan ini diterima langsung oleh Pj Gubernur Sulsel Sumarsono didampingi Kadis Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo beserta masing-masing kepala sekolah,” kata Kepala Seksi TIK Dinas Pendidikan Sulsel, Ibrahim Halim.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...