19 Remaja Diamankan Saat Teler Oplosan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Tingkah laku oknum remaja di Bontang semakin mengkhawatirkan. Pada Minggu (22/7) dinihari lalu, sebanyak 19 remaja kedapatan menggelar pesta minuman oplosan di belakang Pasar Malam Berbas, Kelurahan Berbas Pantai. Mirisnya, sebagian besar di antaranya merupakan remaja asal Loktuan dan Guntung.

FKPM Kelurahan Tanjung Laut, Darman menyebut digerebeknya ke-19 remaja yang masih berusia sekolah tersebut berkat telepon dari FKPM Berbas Pantai dan Berebas Tengah yang melaporkan adanya sekelompok pemuda yang menggelar pesta oplosan. Sementara itu, Darman dan timnya baru saja menyelesaikan patroli rutinnya tiap Sabtu malam bersama FKPM lain. “Akhirnya kami keluar lagi untuk membantu mengamankan para pelaku yang jumlahnya cukup banyak,” kata Darman, Minggu (22/7) kemarin.

Dikatakan dia, saat di tempat kejadian perkara (TKP) terdapat 19 remaja yang terdiri dari berbagai usia. Delapan di antaranya merupakan pelajar siswa salah satu SMK negeri di Kota Bontang. Gabungan FKPM pun langsung menggelar penangkapan semuanya. Untuk selanjutnya mereka dibawa ke kantor Lurah Berebas Tengah sambil memanggil para orang tua mereka. “Setelah permasalahan mereka selesai dengan memanggil orang tua, anggota FKPM juga mengamankan sembilan unit motor yang dibawa ke Polsek Bontang Selatan,” terang dia.

Dari hasil pendataan, kata Darman, rata-rata mereka merupakan warga Loktuan dan Guntung. Mereka memilih “hijrah” ke wilayah perbatasan Berbas Pantai dan Berebas Tengah karena sudah tidak ada lagi tempat di Loktuan untuk menggelar pesta minuman oplosan.

Adapun barang bukti yang juga diamankan berupa alkohol 70 persen, serta minuman keras yang sudah dioplos. “Mereka hanya diberi pembinaan, dan karena di wilayah Berebas Tengah maka tidak ada pembinaan dengan cara penggundulan,” ujarnya.

Darman mengharapkan peran serta masyarakat untuk aktif melaporkan jika mendapati anak-anak yang berkerumun di tempat sepi. Mengingat alkohol juga minuman oplosan dapat merusak masa depan bangsa. Apalagi, rata-rata dari mereka merupakan pelajar siswa SMK. “Kami rutin menggelar patroli, namun mereka melakukan pesta miras di luar jam patroli, tetapi berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara FKPM, maka kami berhasil mengamankannya,” pungkasnya.(mga)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...