Disbun Sulsel Pacu Produksi Kakao, Ini yang Dilakukan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kakao menjadi komoditas andalan Sulsel yang terus dipacu produksinya. Sepanjang tahun 2018 ini ditargetkan bisa mencapai 200 ribu ton.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Sulsel, Andi Parengrengi, mengatakan berbagai upaya sementara dilakukan untuk bisa mencapai target produksi kakao 200 ribu ton.Diantaranya melalui pembibitan dan juga pemberian pupuk ke petani.

“Kita juga akan perbanyak penyuluhan dan sosialisasi untuk membantu pengendalian hama agar produktivitas bisa dipacu,” tuturnya, Selasa, 24 Juli.

Selain itu akan dilakukan pemberian bibit atau benih gratis ke petani yang sebelumnya akan didata terlebih dahulu.“Tahun ini kita rencana bagikan 5 juta pohon bibit kakao juga,” tuturnya.

Sebagai komoditas andalan ekspor, kakao juga terus menunjukkan pertumbuhan yang bagus.Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal menjelaskan ekspor kakao para bulan Juni lalu mencapai USD 2,79 juta atau setara Rp40 miliar.

Perolehan ini meningkat jika dibandingkan bulan Mei sebelumnya yang hanya mencapai USD 1,07 juta Rp15 miliar.Peningkatan positif ekspor kakao, lanjutnya, juga terjadi jika dibandingkan antara Juni 2018 dengan Juni 2017 (yoy) yang secara presentase mencapai 186 persen.

“Semoga tren ekspor kakao ini terus membaik sebab kakao merupakan komoditas andalan Sulsel,” imbuhnya. (abd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...