Kader Demokrat Banyak Pilih Prabowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Sikap partai Demokrat dalam Pilpres 2019 mendatang masih ngambang. Pertemuan Ketua Umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga belum menghasilkan satu kesepakatan.

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, partai telah mengintruksikan kepada seluruh DPD supaya menggelar rapat di setiap wilayah untuk mengumpulkan aspirasi kader terkait arah dukungan di 2019. Hasil rapat DPD ini ditargetnya rampung pada hari ini. Kemudian hasilnya akan dibawa ke majelis tinggi partai untuk didiskusikan bersama dan menetapkan kebijakan partai di 2019.

"Kami memang memerintahkan seluruh DPD untuk melakukan rapat koordinasi daerah. Tujuannya adalah menyerap aspirasi kader. Dan, ini kami jadikan pertimbangan arah kader kami, harapannya mau ke mana," ujar Ferdinand di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/7).

Dari hasil sementara laporan DPD yang masuk, mayoritas kader lebih mendukung Demokrat berkoalisi dengan Prabowo. Wilayah-wilayah gemuk pemilih seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten juga lebih memilih penantang dibandingkan petahana.

"Sementara mayoritas mengarahkan partai ini kalau tidak ada alternatif poros baru lebih berharap untuk berkoalisi dengan Pak Prabowo," jelas Ferdinand.

Kendati demikian, Ferdinand memastikan keputusan final mutlak dibuat oleh DPP. Apapun kebijakan partai yang dibuat nanti, seluruh DPD tetap akan menginduk ke DPP.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1


Comment

Loading...