Kasus Sengketa Lahan Bara-Baraya, Ini Tanggapan Pangdam Mayjen TNI Surawahadi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kasus sengketa lahan antara warga Jalan Abubakar Lambogo (Kampung Bara-Baraya) yang diklaim oleh Kodam XIV/Hasanuddin, dimenangkan oleh warga Kampung Bara-Baraya. Kemenangan itu tertuang dalam putusan nomor: 225/Pdt.G/2017/PN.Mks, pada persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Selasa (24/7) kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi mengaku mengkoordinasikan dengan stafnya untuk mencari tahu sejauh mana masalah tersebut. Namun, pihaknya juga menyerahkan kepada yang berhak menanganinya, dalam hal ini penegak hukum.

“Sengketa Bara-Baraya, saya sudah dapat informasi tentang itu sekarang sedang dikoordinasikan khususnya dengan staf saya untuk mencari tahu sejauh mana masalah itu, dan mudah mudahan nanti segera bisa diatasi oleh yang berhak khususnya oleh orang hukum demikian,”ujar Surawahadi saat ditemui di Makodam XIV/Hasanuddin, Rabu (25/7/18).

Lahan yang diklaim sebagai tanah okupasi asrama TNI kemudian ditolak oleh pengadilan, dan warga Kampung Bara-Baraya masih berhak atas tanah itu dan dianggap salah sasaran.

“Yang jelas nanti ada orang hukum yang akan menangani karena memang kalau itu masalahnya hukum, harus ditangani dengan hukum. Dan tentunya saya juga akan patuh akan hukum itu nanti kita lihat dari proses hukumnya demikian supaya tidak bentrok dengan masyarakat sipil tentunya, karena rakyat kita saudara kita juga,”terangnya.

Senada Mayjen TNI Agus Surya Bakti yang saat itu masih menjabat sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin saat bergulirnya kasus tersebut. Menurutnya, kasus sengketa lahan sudah diperoses sesuai jalur hukum, dan warga berhak menghindar sesuai jalur hukum.

“Tetapi penertiban rumah dinas menjadi komitmen pimpinan TNI, yang artinya mereka yang tidak berhak karena ada aturannya juga karena kita melakukan penertiban tentunya ada dasarnya, jadi nanti saya minta semuanya memahami sesuai rana hukum,”pungkasnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...