Ratusan Orang Masih Hilang Akibat Bendungan Jebol di Laos

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Bendungan pembangkit listrik tenaga air di Laos tenggara jebol setelah diterpa hujan lebat. Akibatnya, ratusan orang hilang dan sejumlah orang lainnya hingga masih belum diketahui keberadaannya.

Menurut Kantor Berita Laos, insiden tersebut terjadi pada Senin (23/7) malam, dekat perbatasan Kamboja. Sebelumnya bendungan telah mengalirkan 5 miliar meter kubik air, setara dengan lebih dari 2 juta kolam renang olimpiade.

Ratusan orang dinyatakan hilang sementara sekitar 6.600 orang telah kehilangan tempat tinggal. Pihak berwenang bergegas mengevakuasi warga desa.

Laos diketahui dilalui oleh jaringan sungai luas. Beberapa waktu terakhir, tengah dibangun bendungan di Laos. Pembangunan bendungan sebagian besar direncanakan untuk mengekspor listrik ke negara-negara tetangga seperti Thailand.

Melalui sebuah rekaman udara yang di-posting di laman Facebook ABC News Laos menunjukkan sebuah rumah, rawa, dan hutan telah tergenang air berwarna cokelat. Terlihat juga para keluarga berada di atap rumah mereka menunggu untuk diselamatkan. Bahkan kuil Buddha sudah sebagian terendam.

Seperti dilansir Channel News Asia,setelah hampir 24 jam insiden jebolnya bendungan tersebut, pemerintah setempat akan meneliti lebih lanjut besarnya dampak bencana tersebut.

“Kami belum memiliki informasi resmi mengenai korban atau berapa banyak yang hilang,” ujar seorang pejabat di Provinsi Attapeu, tempat terbesar banjir terjadi. Ia pun menambahkan, sinyal telepon sudah terputus di wilayah banjir. (ce1/trz/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...