30 Persen Suara Generasi Milenial, Jokowi Harus Jeli Pilih Cawapres

Kamis, 26 Juli 2018 - 13:00 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Institute Jenderal Forum Nasional (Fornas) Bhinneka Tunggal Ika, Taufan Hunneman mengingatkan Joko Widodo (Jokowi) untuk lebih jeli dalam memilih pendamping sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di pemilihan presiden 2019.

Dalam hal ini, Taufan mengingatkan bahwa generasi milenial sangat signifikan suaranya. Sebab, suara dari generasi milenial yang diperkirakan 30 persen dan mempunyai segmen tersendiri untuk bisa digarap.

Fenomena naiknya suara Ahmad Syaikhu dan Sudirman Said di pilkada Jawa Barat maupun Jawa Tengah merupakan suara dari swing voter yang mengubah peta konstelasi di dua wilayah itu. Padahal saat disurvei mereka diprediksi hanya mendapat suara di bawah 20 persen tapiĀ  saat pilkada digelar suara mereka melebihi yang diperkirakan beberapa lembaga survei.

“Pak Jokowi harus benar-benar memperhatikan cawapres yang akan dipilihnya. Setidaknya harus mampu menyerap dan memahami sepak terjang generasi milenial,” ujarnya melalui pesan tertulis, Kamis (26/7).

Generasi milenial memang kerap mempunyai pandangan tersendiri tentang situasi bangsa, namun mereka merupakan anak-anak yang free thinker dan mempunyai kehendak sendiri yang kadang tidak bisa diontervensi apalagi sejak masa muda mereka sudah bersahabat dengan teknologi.

Tak hanya itu, Jokowi juga harus memperhatikan stabilitas nasional khususnya stabilitas politik. Sebab ini sangat penting untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Stabilitas politik ini hanya bisa terjadi jika dipahami soal proxy war sehingga memahami proxy war lalu pendekatan yang persuasif, komunikatif itu diperlukan dalam rangka berdiri di atas semua golongan,” jelasnya.

Intinya, Taufan mengingatkan pentingnya sosok negarawan yang merekatkan semua elemen bangsa sehingga duet Jokowi dengan cawapresnya mampu bener-bener secara ideal menghantarkan bangsa ini maju dalam arti modernisasi juga mewarisi persatuan dan kesatuan

“Ini menjadi konsen saya untuk memberikan masukan bagi Pak Jokowi,” sebutnya. (jaa/IDP)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.