Musim Kemarau, Desa Ini Kesulitan Air Bersih

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JEPARA – Sejumlah desa di Kabupaten Jepara mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Hal ini tak lain merupakan dampak musim kemarau yang membuat sumber air bersih menurun.

Salah satu desa yang merasakan kesulitan mendapatkan pasokan air bersih yakni Desa Raguklampitan, Batealit. Desa tersebut setiap tahunnya mengalami kesulitan air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Noor Isdiyanto melalui Kasi Rehabilitasi dan Rekontruksi, Jamaludin mengatakan, akibat kesulitan air bersih itu pihak desa telah mengajukan droping air bersih pada BPBD Jepara. ”Desa Raguklampitan sudah meminta droping air bersih pada kami,” katanya.

Jamaludin melanjutkan, saat ini krisis air bersih di Raguklampitan berdampak pada ratusan keluarga di wilayah tersebut. Berdasarkan informasi yang masuk ke pihaknya, kesulitan air itu menimpa hingga dua RT.

Untuk mengatasi kekeringan ini, Jamaludin menjelaskan, BPBD Jepara sudah menyiapkan 40 tandon air isi 5 ribu liter. Jumlah air bersih yang akan dipasok, menyesuaikan jumlah kebutuhan masyarakat.

Dia menyatakan, tahun lalu BPBD melakukan droping air bersih ke beberapa desa. Mulai dariDesa Sumberejo, Raguklampitan, Bategede, Kedungmalang, Karangaji, Surodadi, Kalianyar, Tunggul, hingga Desa Blimbingrejo.

Khusus untuk tahun ini, Jamaludin menyatakan, pihaknya memprediksi area 29 desa dari 12 kecamatan yang berpotensi mengalami kesulitan air bersih. ”Puluhan desa tersebut kini diajukan proposal bantuan ke BNPB agar bisa mendapatkan bantuan,” urainya.

Beberapa desa tersebut di antaranya, Desa Tunggul Pandean, Blimbingrejo dan Bategede di Kecamatan Nalumsari; Desa Rajekwesi, Singorojo dan Datar di Mayong; Desa Sidigede dan Kalipucang Wetan di Kecamatan Welahan; Desa Kaliombo dan Gerdu di Kecamatan Pecangaan hingga Desa Kemojan Kecamatan Karimunjawa.

Menurut Jamaludin, 12 kecamatan itu semuanya dimasukkan dalam proposal pengajuan bantuan ke BNPB. ”Belum tentu semua desa yang diajukan itu akan dibantu BNPB. Namun kita upayakan ajukan semua,” imbuhnya. (ks/emy/zen/top/JPR/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...