Permalukan Persebaya 3-4, Persib Juara Paruh Musim Liga 1

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Persebaya Surabaya mencerminkan sosok tuan rumah yang baik. Tak sekadar memberikan servis maksimal untuk tim tamu beserta suporternya, Persebaya juga ‘membiarkan’ sang tamu, Persib Bandung, menang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (26/7) malam.

Persib memenangkan laga ini dengan skor 4-3. Ini adalah kemenangan perdana Persib atas Persebaya di Surabaya sejak 2004 silam. Tambahan tiga angka membuat Maung Bandung resmi menjadi juara paruh musim Liga 1 2018.

Di atas lapangan, Persebaya tampak tak ingin Persib meraih kemenangan dengan mudah. Peluang emas bagi Persebaya langsung lahir ketika pertandingan baru berjalan 46 detik.

Aksi solo run David da Silva nyaris berakhir sempurna apabila sepakannya masuk ke gawang Persib. Sayang bola melenceng tipis di kanan gawang. David kembali mendapatkan kans pada menit ketiga. Sayang sepakan voli striker asal Brasil itu masih melambung di atas mistar.

Persib unggul dari sundulan Supardi memanfaatkan umpan lambung Ezechiel N’Douassel pada menit kelima. Supardi dalam posisi tak terkawal sehingga dengan mudah menanduk bola masuk ke gawang Miswar Saputra, kiper Persebaya. Persib memimpin 1-0 atas Persebaya.

Kedua tim sama-sama tampil menyerang pada awal babak pertama. Hanya saja intensitas serangan Persib sedikit berkurang setelah mereka unggul satu gol. Persib menumpuk pemain di lini tengah untuk mengadang determinasi Persebaya. Strategi high presssing Persib membuat Persebaya cukup kesulitan untuk membangun serangan.

Supardi menggandakan keunggulan Persib menjadi 2-0 pada menit ke-22. Berawal dari kelihaian Ghozali Siregar melewati Fandry Imbiri dan Hidayat, bola langsung disodorkan kepada Ezechiel. Sayang sontekan Aliando-sapaan akrabnya membentur tiang gawang. Bola rebound jatuh di kaki Supardi. Dengan tenang ia melesakkan bola ke gawang Miswar Saputra.

Persib memperoleh tendangan bebas setelah Fandry melanggar Agung Mulyadi menit ke-28. Apes, eksekusi tendangan bebas Oh In-Kyun hanya mencium mistar gawang. Ezechiel mengancam gawang Persebaya selepas lolos dari jebakan offside pada menit ke-34. Sayang finishing-nya belum maksimal. Sepakan Aliando berhasil digagalkan Miswar.

Peluang manis dihasilkan Ricky Kayame pada menit ke-44. Walaupun tinggal berhadapan dengan M. Natshir, tembakan Ricky berhasil digagalkan oleh sang kiper. Tak ada tambahan gol hingga turun minum. Persib untuk sementara memimpin dengan skor 2-0.

Persib mengawali babak kedua dengan peluang Ghozali Siregar pada menit ke-51. Akan tetapi bola berhasil ditepis kiper Miswar Saputra. Persib memperbesar keunggulan melalui gol Ghozali Siregar pada menit ke-53. Ghozali bergerak lincah, melewati bek Persebaya dan menjebol gawang Miswar. Persib unggul 3-0.

Persebaya akhirnya mencetak gol pertama di laga ini lewat aksi Ricky Kayame pada menit ke-57. Ricky memaksimalkan assist Robertino Pugliara untuk menggetarkan gawang Persib. Kehadiran Robertino sejak menit ke-55 membuat Persebaya semakin garang. Green Force berulang kali membahayakan gawang Persib dari skema serangan balik.

Persebaya memperkecil kedudukan menjadi 2-3 melalui gol Fandi Eko pada menit ke-65. Berawal dari umpan lambung Robertino, sundulan Fandi gagal ditepis Natsir.

Ghozali Siregar kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-81. Sepakannya dari luar kotak penalti gagal ditepis Miswar. Persib unggul 4-2.

Persebaya memperkecil kedudukan menjadi 3-4 melalui sundulan David da Silva pada menit ke-88. David mengonversi umpan Misbakhus Solikin untuk mengoyak gawang Natshir. Tak ada tambahan gol hingga berakhirnya babak tambahan waktu. Persib menang tipis atas Persebaya dengan skor ketat 4-3.

Kemenangan ini membuat Persib meraih total 29 poin. Unggul dari PSM maupun Barito Putera yang mengoleksi 28 poin hingga pekan ke-17. Persib pun resmi menjadi juara paruh musim Liga 1 2018. (saf/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...