Asian Games hanya Sumbang 1 Persen Wisman

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perhelatan olahraga terbesar di Asia, Asian Games, sudah di depan mata. Pada 18 Agustus mendatang pembukaan dilakukan di Jakarta.

Dengan jeli Kementerian Pariwisata untuk menyuguhkan branding Wonderfull Indonesia dalam moment langka tersebut. Sedikitnya tujuh destinasi dan 75 paket perjalanan sudah disiapkan untuk menjamu tamu pada kesempatan tersebut.

“Untuk jumlah wisatawan mancanegara yang kita targetkan pada momen ini hanya satu persen dari target 17 juta wisman 2018,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Jakarta, Jumat (27/7)

Satu persen dari 17 juta hanya 170 ribu wisman, akan tetapi penghasilan devisa ditargetkan mencapai Rp 3 triliun. “Kami menyediakan 75 paket dan 7 destinasi termasuk Jakarta dan Sumatera Selatan. Meski hanya 1 persen kami tetap berterima kasih,” katanya.

Akan tetapi dari media value nya diproyeksikan lebih besar dari direct impact. Perhitungan nilai media atau media value dari even olahraga Asian Games 2018 tersebut dengan membandingkan (benchmark) dari penyelenggaraan MotoGP yang direct impact nya sebesar USD 100 juta sedangkan media value nya mencapai USD 200 juta atau dua kali lipat.

“Tingginya media value karena pemberitaannya yang luas disiarkan ke 60 negara melalui 200 perusahaan broadcasting atau saluran tevisi dunia,” kata Arief Yahya. Perhitungan media value ini diperkirakan juga akan terjadi pada event Asian Games 2018 yang merupakan salah satu even olahraga terbesar di Asia,” pungkasnya. (nel/idp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...