Cegah Masuknya Narkoba, BNN Bersinergi dengan Negara Tetangga

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BATAM – Badan Narkotika Nasional (BNN) telah melakukan berbagai langkah strategis untuk mengatasi tingginya peredaran narkotika di Indonesia.

Upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan peningkatan pengawasan di berbagai daerah yang dinilai rawan, meningkatkan kualitas kerja sama dengan berbagai instansi terkait, hingga melakukan kerja sama internasional dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Tak hanya itu, Kepala BNN Pusat, Komjen Heru Winarko dalam kunjungan kerjanya ke Batam pada Jumat (27/7) mengatakan bahwa, pihaknya juga menjalin kerja sama. Kerja sama yang dijalin BNN yakni dengan instansi serupa di negara-negara ASEAN. Sampai saat ini, hal itu terus dilakukan bahkan akan semakim ditingkatkan.

Hal itu dinilai penting karena ancaman kejahatan narkotika semakin mengkhawatirkan. Indonesia menjadi salah satu target pasar untuk kejahatan ini, sehingga dengan upaya tersebut, masyarakat khususnya generasi penerus bangsa akan terlindungi.

Bentuk kerja sama antar negara ini, berupa kerja sama untuk sharing informasi. Dengan adanya keterbukaan informasi ini, memudahkan pihak penegak hukum dalam melakukan pencegahan” ujar Heru.

“Kerja sama ini cukup efektif, karena info dari luar biasanya menjadi kunci penangkapan kasus kita,” imbuh Heru.

Terkait dengan banyaknya kasus narkotika yang melibatkan negara tetangga Malaysia, Heru menjelaskan bahwa, BNN akan menjalin koordinasi yang lebih intensif guna mengurangi hadirnya kejahatan ini.

“Dengan kerjasama yang semakin intens tersebut, harapannya masing-masing negara bisa mengatasi persoalan peredaran narkotika di negara masing-masing,” tandasnya. (bbi/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...