Ini Jumlah Bantuan Dana Parpol Tahun 2018, Segini Besarannya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dana bantuan partai politik (parpol) pada tahun 2108 yang dikeluarkan pemerintah sebesar Rp121 miliar untuk 10 parpol. Tetapi, baru tiga parpol yang menandatangani berita acara serah terima bantuan tersebut. Antara lain, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

“Untuk bantuan parpol di tingkat pusat sudah kita cairkan sebesar Rp121 miliar. Baru tiga yang sudah kita laksanakan tandatangan berita acara serah‎ terimanya,” ujar Kasubdit Fasilitasi dan Kelembagaan Parpol Ditjen Polpum Kemendagri, Syamsuddin, pada Kemendagri Media Forum di Media Center Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (27/7).

Syamsuddin menuturkan pada tahun ini, PDI Perjuangan menerima bantuan sebesar Rp 23 miliar, Nasdem Rp 7 miliar, dan PPP Rp 7,2 miliar. Sementara Golkar menerima Rp 18 miliar dan PKS senilai Rp 8,5 miliar, keduanya dijadwalkan akan menandatangani bantuan dana parpol pada 3 dan 8 Agustus 2018 mendatang.

Syamsuddin menjelaskan bila dana bantuan tidak digunakan 100 persen harus dikembalikan kepada kas negara. Selain itu, ia juga mengingatkan kepada parpol untuk menggunakan dana bantuan tersebut sesuai peruntukannya.

“Kami selalu sarankan kepada pimpinan parpol agar gunakan banpol sesuai peruntukannya, yaitu untuk pendidikan politik,” terang Syamsuddin.

Dalam hal ini Kemendagri juga mendorong agar dana bantuan parpol ini dapat dinaikkan setiap tahunnya. Bahkan pihaknya mengimbau pemerintah daerah (Pemda) dapat melaksanakan hal serupa sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Kami dorong agar banpol dapat dinaikkan tiap tahun. Kita tanyakan kepada 10 parpol, mereka habiskan sekitar 75-200 miliar dalam satu tahun. Untuk tahun 2019 akan dibagi dua periode jadi yang pertama misalnya dilantik bulan Agustus periodenya hanya dua bulan, baru sisanya empat bulan,” jelas Syamsuddin. (cr-2/idp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...