Inilah Tujuh Cara Mudah Tetap Sejuk Tanpa Pendingin Ruangan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Indonesia sebagai negara tropis menyebabkan suhu udara sangat panas terlebih pada siang hari.

Tak jarang masyarakat Indonesia memilih memasang pendingin ruangan atau AC di rumahnya. Ini sebagai solusi ketika rumah kita terasa panas atau gerah.

Namun tidak semua orang mampu membeli AC, ada beberapa orang yang memilih alternatif membuat rumah menjadi sejuk dan adem dengan mudah.

Berikut ini beberapa tips tetap adem tanpa AC, seperti dilansir laman MSN, Kamis (5/7).

  1. Memilih bedding yang tepat

Singkirkan selimut tebal dan yang dibuat dengan kain yang lebih berat, seperti satin dan sutra. Pilih seprai tipis untuk membantu Anda tetap sejuk di malam hari tanpa menggunakan AC.

Seprai yang terbuat dari katun atau campuran kapas lebih baik dan sebaiknya dalam warna terang.

  1. Gunakan kipas langit-langit dengan benar

Kipas langit-langit tidak meledakkan udara arktik tetapi bisa membantu Anda tetap sejuk. Pada musim panas, atur kipas langit-langit untuk berputar berlawanan arah jarum jam untuk mengalirkan udara yang lebih dingin.

Menurut program Energy Star pemerintah federal, rotasi berlawanan arah jarum jam menciptakan “efek angin dingin” yang membuat Anda merasa lebih sejuk.

  1. Matikan oven

Menggunakan oven bisa meningkatkan suhu interior rumah Anda dan menggoda Anda untuk menyalakan AC.

Hindari perangkap ini dengan memilih resep yang tidak memerlukan oven. Mengandalkan bagian atas kompor, slow cooker, microwave atau panggangan outdoor saat menyiapkan makanan – atau menyatukan hidangan yang tidak memerlukan masakan sama sekali.

  1. Matikan lampu

Untuk membuat rumah tetap sejuk, keluarkan atau kurangi semua sumber panas yang tidak perlu, termasuk lampu. Lampu pijar dan lampu fluorescent memancarkan tidak hanya cahaya tetapi juga panas – cukup untuk menaikkan suhu di sebuah ruangan.

  1. Buka jendela

Bahkan, di tengah musim panas, jangan takut untuk membuka jendela. Membuka pintu dan jendela mungkin tampak berlawanan dengan intuisi ketika tujuannya adalah untuk menjaga agar udara panas tidak masuk ke rumah – dan Anda harus menjaga semuanya tetap tertutup selama jam-jam terpanas di siang hari.

Tapi membuka jendela di malam hari memungkinkan angin sejuk menghembus ke rumah Anda.

  1. Block out the sun

Saat panas matahari merembes masuk melalui jendela, suhu ruangan naik. Anda bisa mengurangi dampak dengan menutup tirai dan tirai di pagi hari atau setiap kali ruangan mendapat sinar matahari langsung dan membukanya kembali di malam hari.

  1. Kenakan pakaian sejuk

Mengenakan pakaian yang menahan panas bisa membantu Anda tetap tenang tanpa menggunakan AC.

Hindari pakaian ketat dan kain yang menarik dan menjebak panas dan kelembaban. Pilih pakaian longgar berwarna terang, sebaiknya terbuat dari linen atau katun untuk di dalam dan di luar ruangan. (jpg/idp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...