900 CJH Asal Bojonegoro Dibekali Gelang Khusus

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BOJONEGORO – Jamaah calon haji (JCH) yang memiliki riwayat penyakit risiko tinggi, diberikan penanda khusus. Yakni berupa gelang, yang bertujuan memudahkan dalam mendeteksi JCH saat di Tanah Suci.

Di Bojonegoro, total ada 1.234 JCH. Dari jumlah tersebut, 900 JCH di antaranya mempunyai riwayat penyakit dan butuh perhatian khusus. “Maka kami akan memberikan gelang khusus untuk mereka,” kata Kasi Haji dan Umrah Kemenang Bojonegoro Masrukhin, Sabtu (28/7).

Gelang khusus berisi chips berwarna oranye itu tidak hanya disematkan kepada JCH yang memiliki riwayat penyakit risiko tinggi. Tapi juga diberikan kepada JCH yang sudah berusia di atas 60 tahun.

“Kami sudah siapkan gelang oranye berisi chips. Saat ini sudah tiba di kantor Kemenag Bojonegoro. Gelang ini akan dibagikan kepada JCH menjelang keberangkatan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya,” terangnya.

Selain mempermudah petugas kesehatan dalam mendeteksi lokasi jamaah saat melaksanakan ibadah di Tanah Suci, gelang tersebut juga memiliki fungsi lain. Yakni sebagai alat pendeteksi suhu udara serta sejumlah data riwayat penyakit maupun lokasi pemondokan.

Tahun ini, JCH asal Bojonegoro terbagi menjadi tiga kloter. Adalah kloter 39, 40 dan 41. “Semua kloter akan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Minggu (29/8) besok, sebelum diterbangkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Surabaya,” tutup Masrukin. (yud/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...