Gelar Oparsi Pasar, Kementan Klaim Harga Telur Kembali Normal

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian tak tinggal diam dengan kenaikan harga telur ayam yang melonjak satu pekan ini. Harga telor ayam yang sebelumnya naik hingga Rp 28 ribu perkilo itu telah kembali normal setelah dilakukan operasi pasar.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengklaim, keputusan melakukan operasi pasar atas kenaikan harga telur ayam itu sukses menstabilkan harga. Saat ini, harga telur ayam di pasar kembali normal ke kisaran Rp 23 ribu perkilogram.

“Alhamdulillah, setelah berjalan satu minggu, kami lakukan monitoring harga baik di DKI Jakarta maupun di beberapa kota besar di seluruh Indonesia, harganya hari ini sudah mencapai Rp 23 ribu,” kata Agung Hendriadi di Toko Tani Indonesia Center, Sabtu (28/7).

Sembari melakukan operasi pasar, Badan Ketahanan Pangan juga mendistribusikan 100 ton telur ayam ke beberapa titik. Berdasarkan data yang dihimpun Fajar.co.id dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis per Rabu (18/7) menyebutkan, harga telur di DKI Jakarta berada di kisaran Rp 28.650 per kilogram. Harga tertinggi di Provinsi Maluku Utara mencapai Rp 36.550 per kilogram.

Lanjut Agung, kenaikan harga telor ayam ini tidak sejalan dengan jumlah produksi yang yang dimiliki Indonesia saat ini. Atas dasar itu, Agung menduga ada masalah pada distribusi hingga harga telur melonjak drastis.

“Tidak ada alasan barang naik. Kami lakukan koordinasi dengan kawan-kawan produsen ayam baik yang besar maupun peternak-peternak rakyat. Ternyata mereka tidak menjual dengan harga yang tinggi,” tegasnya.

Selain di DKI Jakarta, Agung juga mengklaim turunnya harga telur ayam juga terjadi di seluruh daerah di Indonesia. “Alhamdulillah setelah berjalan satu minggu, kita lakukan monitoring harga baik di DKI Jakarta maupun di beberapa kota besar diseluruh Indonesia harganya Alhamdulillah hari ini sudah mencapai Rp 23 ribu,” jelasnya. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...