Jelang Pendaftaran Capres, KPU: Segeralah Rampungkan Koalisi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – KPU RI mengundang para elit partai politik peserta Pemilu 2019 untuk membahas persiapan pendaftaran capres – cawapres dalam Pilpres 2019. KPU mengingatkan parpol segera merampungkan koalisinya guna tidak mendaftarkan di akhir masa pendaftaran pada 4-10 Agustus 2018.

“Segera lah membangun koalisi sekarang supaya nanti capresnya masih fresh untuk pemeriksaan kesehatan segera simultan. Maka sehari setelah pendaftaran langsung dilakukan pemeriksaan,” imbau Ketua KPU RI Arief Budiman di Gedung KPU Menteng Jakarta, Jumat (27/7).

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari menambahkan, parpol harus fokus membagi waktu antara persiapan pendaftaran Pilpres dengan proses pencalegan. Adapun pencalegan, saat ini tengah dalam tahapan masa perbaikan dokumen sampai dengan tanggal 31 Juli 2018.

“Disisi lain mulai 4 Agustus sampai 10 Agustus ada pendaftaran capres, mau tidak mau parpol harus berbagi waktu,” tegasnya.

Dalam forum itu, KPU juga menyampaikan syarat-syarat untuk menjadi capres-cawapres. Dijelaskan Hasyim, Undang-Undang telah menentukan bahwa bagi seseorang yang sedang menduduki jabatan sebagai anggota DPR DPRD atau DPD tidak perlu mengundurkan diri bila akan mendaftar capres-cawapres.

Ia juga menekankan, ada aturan di pasal 169 huruf k UU 7/2017 tentang Pemilu bahwa bagi yang akan menjadi capres cawapres statusnya dalam pencalegan tidak sedang mencalonkan diri sebagai anggota DPR DPRD atau DPD.

“Jadi dari situ bisa diketahui apakah seseorang akan bisa nyapres atau nyawapres, bisa dilihat dari sekarang, siapa yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR DPRD dan DPD,” pungkasnya.

Forum antar-KPU dan parpol ini dihadiri oleh 16 parpol peserta pemilu. Nampak pula dari mereka antara lain Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Ketua DPP PKB Lukman Edy. (jaa/idp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...