Lindungi Kesehatan Hati, Inilah 10 Cara Efektif Cegah Hepatitis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Prevalensi penderita hepatitis di Indonesia cukup tinggi. Jika dihitung dengan analogi, 1 dari 10 orang di sebuah ruangan barangkali terkena hepatitis. Karena itu, pencegahan wajib dilakukan sejak dini.

Salah satu caranya adalah dengan mengetahui cara penularannya dan mekanisme bagaimana hepatitis terjadi. Dalam memperingati Hari Hepatitis Sedunia pada Sabtu (28/7), catatan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Rino Alvani Gani, Sp.PD-KGEH mempunyai berbagai macam tips bagi masyarakat. Gaya hidup juga bisa menyebabkan risiko penularan virus hepatitis hingga memperburuk fungsi hati. Maka ada 10 cara yang bisa dilakukan oleh diri sendiri.

 

  1. Hindari Penggunaan Barang Pribadi

Pencegahan hepatitis B dan C dari satu orang ke orang lain dapat dilakukan dengan menghindari penggunaan barang pribadi secara bersamaan seperti penggunaan sikat gigi serta pisau pencukur.

 

  1. Cuci Tangan

Untuk mengurangi risiko penularan penyakit hepatitis A, selalu cuci tangan setelah dari kamar mandi, sebelum atau setelah buang air besar atau kecil, sebelum menyiapkan makanan atau sebelum makan dan menjaga atau berhati-hati terhadap kebersihan makanan yang dikonsumsi.

 

  1. Hubungan Seksual

Terapkanlah perilaku berhubungan seks yang aman dengan tidak berganti-ganti pasangan dan menggunakan kondom. Jika sedang hamil, segeralah lakukan pemeriksaan awal, pastikan tidak menderita hepatitis dan lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur. Bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi hepatitis B harus mendapatkan imuno globulin hepatitis B dan harus diberikan vaksin hepatitis B dalam waktu 12 jam setelah lahir untuk mencegah penularan infeksi virus hepatitis B dari ibu ke anak.

 

  1. Jarum Suntik dan Tato

Tidak menggunakan jarum suntik atau peralatan obat-obatan secara berganti-gantian. Tidak memakai tato atau tindikan dengan peralatan yang tidak terjamin kebersihannya.

 

  1. Vaksin

Langkah lain untuk mencegah risiko terinfeksi hepatitis virus adalah mendapatkan vaksinasi untuk hepatitis A dan B jika Anda belum pernah mendapat vaksin sebelumnya. Saat ini vaksin yang tersedia untuk virus hepatitis adalah vaksin hepatitis A dan B.

 

  1. Obat dan Suplemen

Konsultasikan obat-obatan dan suplemen yang dikonsumsi kepada dokter. Kenali serta dokumentasikan jenis obat yang memberikan reaksi tertentu.

 

  1. Alkohol

Untuk mencegah hepatitis non-virus, hindari minum minuman beralkohol secara berlebihan. Minum alkohol memperburuk fungsi hati.

 

  1. Pola Makan

Perlemakan hati non alkoholik terjadi akibat terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol tinggi yang tidak terkontrol dan berat badan yang berlebih. Sebaiknya mengurangi konsumsi junk food dan makanan yang mengandung lemak tinggi.

 

  1. Olahraga

Terapkanlah pola hidup sehat dengan lakukan olahraga sebanyak 3-4 kali per minggu.

 

  1. Penyakit Degeneratif

Jika mempunyai hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes mellitus (gula darah yang tinggi), dislipidemia (kolesterol yang tinggi), sebaiknya harus kontrol rutin ke dokter untuk mengontrol tekanan darah, gula darah dan kolesterol darah agar tetap terjaga dalam kisaran yang normal. Selain itu jika mempunyai berat badan yang berlebih, juga harus menurunkan berat badan ke dalam kisaran yang normal.

(ika/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...