Pensiun Karena Terkena Leukemia, Ungkapan Kiper Ini Menyentuh Hati

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Kiper Wolverhampton Wanderers, Carl Ikeme, akhirnya ‘menyerah’ menghadapi sakit yang dideritanya yakni leukemia. Penjaga gawang asal Nigeria itu memutuskan gantung sarung tangan alias pensiun dini pada umur 32 tahun.

Ikeme yang lahir di Sutton Coldfield, Inggris, didiagnosis menderita penyakit leukemia akut pada Juli 2017 lalu. Selama setahun ini, Ikeme menjalani pengobatan rutin dan kemoterapi. Lewat akun resmi Twitter miliknya, @Carl_Ikeme, kiper yang pernah 10 kali tampil bersama Timnas Nigeria ini memutuskan untuk pensiun.

“Terima kasih atas dukungan selama lebih dari setahun ini (menjalani pengobatan). Hari terakhir saya sebagai pesepak bola. Tapi, saya bahagia dan penuh rasa syukur atas semuanya. Terima kasih kepada semuanya. Terima kasih kepada Wolverhampton dan semua orang di sepak bola yang pernah saya jumpai,” tulis Ikeme.

Keputusan Ikeme untuk pensiun diambil setelah berkonsultasi dengan dokter ahli dan teman-teman setianya. “Dokter menyarankan agar saya pensiun dari sepak bola setelah setahun ini saya menjalani pengobatan. Saya tak bisa membayangkan risiko yang terjadi andai terus bermain. Kesehatan saya yang utama. Saya ingin lebih lama bersama anak-anak saya, keluarga, dan teman-teman,” sebut Ikeme.

Lebih lanjut, Ikeme mengatakan hal yang sangat menyentuh hati. “Dalam kehidupan Anda, ketika dalam bahaya, harga yang tak ternilai adalah kebersamaan dengan keluarga. Saya ingin menghabiskan waktu sisa hidup saya dengan lebih sering bersama keluarga. Saya bahagia dengan apa yang sudah saya dapat”.

Sementara itu, Chairman Wolverhampton, Jeff Shi, mendoakan agar Ikeme tetap kuat menjalani hidup. Dia pun menyebut Ikeme adalah sosok yang kuat dan memiliki semangat luar biasa.

“Dia (Ikeme) selalu berjuang dalam hidupnya. Dia lebih dari sekadar pesepak bola. Dia adalah saudara kami dan sosok yang penting dalam kehidupan kami semua,” ucap Shi.

Di Piala Dunia 2018, untuk menghormati Ikeme, Federasi Sepak Bola Nigeria, memberikan sebuah kehormatan besar. Ikeme diberi kehormatan menjadi pemain ke-24 Timnas Nigeria di Piala Dunia 2018. Seperti diketahui, sesuai regulasi FIFA, pemain resmi yang didaftarkan adalah 23.

Sebelum turnamen digelar, pelatih Timnas Nigeria, Gernot Rohr, sangat menyesal karena tak bisa memasukkan Ikeme dalam 23 pemain resmi. Namun, itu terpaksa dilakukan karena memang sangat berisiko. “Penyesalan terbesar saya adalah absennya Ikeme,” sebut Rohr kala itu.

Selama karirnya, Ikeme tampil lebih dari 200 pertandingan bersama Wolverhampton. Dia pun kerap menjalani peminjaman ke sejumlah klub lain yakni Accrington Stanley, Stockport County, Charlton Athletic, Sheffield United, hingga Middlesbrough. (epr/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...