Prabowo King Maker, Anies Pengganti Paling Tepat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Gerindra telah menyatakan sikapnya jika pencalonan Presiden Prabowo Subianto telah menjadi harga mati. Namun belakangan mantan Danjen Kopassus itu mengatakan mau memberikan jatah tiketnya ke pihak lain demi kepentingan rakyat.

Analis Komunikasi Politik UIN Jakarta Gun Gun Heryanto mengatakan jika terjadi Prabowo batal maju menjadi capres, maka pengganti potensialnya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kalau pak Prabowo menerima peluangnya untuk menjadi king maker, tentu posisi Anies jauh lebih potensial dibanding figur-figur lain (untuk jadi capres),” ujar Gun di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7).

Gun menuturkan, menguatnya Anies dibanding figur lain karena posisinya diuntungkan dengan elektoral sebagai Gubernur DKI Jakarta. Situasi tersebut juga pernah dialami oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu sosoknya yang berlatar belakang non-partai disebut lebih mudah diterima oleh koalisi. Dibanding jika koalisi oposisi mencalonkan capres dari partai politik yang dapat menimbulkan perebutan kekuasaan.

“Pertama karena political participal Anies di DKI dan itu juga pernah dialami oleh Jokowi. Kemudian yang kedua, karena Anies bukan dari partai politik,” sambung Gun.

Di sisi lain, Gun mengatakan jika situasi ini benar terjadi maka akan menjadi godaan besar bagi Anies. Karena ia baru sebentar menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tentunya dalam situasi ini konsistensinya akan diuji.

“Posisi (capres) itu memberi semacam peluang bagi Anies, tapi termasuk godaan sebenarnya, apakah konsisten di Jakarta menjadi Gubernur atau menjadi kandidat RI-1,” pungkasnya. (sat/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...