Kasus Kekerasan Anak Meningkat, Kemensos Target Perbaikan Layanan

Minggu, 29 Juli 2018 - 21:06 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kekerasan terhadap anak semakin meningkat setiap harinya. Sebanyak 220 kasus kekerasan, dimana kasus kekerasan terhadap anak sebanyak 98 kasus, dan sisanya adalah orang tua yang disertakan.

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementrian Sosial RI, Nahar mengatakan bahwa upaya Kemensos dalam menangani kasus kekerasan terhadap anak ini dengan memberikan bantuan berupa pendampingan dan perlindungan.

“Maka dengan upaya tersebut, kementrian dan lembaga lainnya, ditantang untuk terus memperbaiki layanan yang diselenggarakan di masing-masing lembaga,”ujarnya pada acara Press Gathering di Hotel Aryaduta Makassar, Minggu (29/7/18).

Lebih lanjut, Nahar menjelaskan bahwa lembaga yang berperan dalam perlindungan dan pendampingan terhadap kekerasan, diantaranya kementrian pemberdayaan perempuan, lembaga perlindungan anak, aparat hukum dan lembaga lainnya.

Untuk itu, tiga hal yang perlu menjadi perhatian penting pada pemerintah provinsi yakni sumber daya manusia, sarana dan prasaran, dan metode layanan dan kesadaran masyarakat.

“Yang paling penting adalah kesadaran masyarakat. Seharusnya masyarakat melapor ketika ada anak yang harus mendapatkan perlindungan khusus agar segera bisa ditangani,”jelasnya.

Menurutnya, sarana perlindungan terhadap kekerasan di Sulsel sendiri cukup komplit. Hanya saja, apakah sarana tersebut sudah berjalan atau tidak. Apakah sarana itu kemudian dikuatkan dengan program kesejahteraan. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.