Pascabanjir dan Gelombang Panas, Jepang akan Diterjang Angin Topan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Ratusan penerbangan Jepang telah dibatalkan karena bersiap diterjang topan kuat. Setelah longsor dan banjir serta gelombang panas, angin topan diperkirakan akan kembali menerjang Jepang.

Angin topan tersebut berkekuatan 180 kilometer per jam. Topan Jongdari diperkirakan akan menyerang Pulau Honsu di Jepang pada Sabtu malam atau Minggu.

Belum genap sebulan bencana berturut-turut melanda Negeri Sakura, kini sang topan diperkirakan akan kembali menerpa. Ratusan warga Jepang telah tewas akibat bencana banjir dan gelombang panas.

Badan Meteorologi Jepang telah mengimbau kepada penduduk setempat untuk siap mengungsi dari kondisi tersebut. Badai Jongdari yang pertama diperkirakan akan mendarat di kawasan selatan Tokyo yang letaknya berdekatan dengan Nagoya.

Sebanyak lebih dari delapan juta orang telah diperingatkan untuk meninggalkan rumah mereka dan pergi mengungsi awal Juli ini setelah hujan deras terus mengguyur kawasan Hiroshima yang menyebabkan meluapnya sungai-sungai. Namun tak sedikit dari mereka yang memilih untuk tetap bertahan dan akhirnya terjebak.

“Kami khawatir orang-orang mungkin tidak dapat mengungsi karena angin kencang atau banjir memblokir rute evakuasi,” kata Gubernur Hiroshima, Hidehiko Yuzaki seperti dilansir BBC pada Sabtu, (28/7).

Yuzaki mengimbau warga mengungsi terlebih dahulu sehingga nyawa mereka bisa terselamatkan. Menurut laporan media Jepang, para tim evakuasi telah dikerahkan untuk menyelamatkan sebanyak 36.400 warga di Kota Shobara Barat dan 6.300 lainnya yang berada di Kota Kure.

Hiroshima dan Yamaguchi yang berada di wilayah Chugoku menjadi kawasan paling parah yang terkena banjir. Bahkan sebanyak 4 ribu orang yang selamat masih tinggal di tempat pengungsian untuk sementara. (trz/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...