Serangan Gelombang Panas di Jepang Hingga Awal Agustus

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Gelombang panas di Jepang tahun ini sangat mematikan karena telah menewaskan lebih dari 30 orang. Membuat lebih dari 10 ribu orang dilarikan ke rumah sakit sejak 9 Juli karena kelelahan dan sengatan panas ekstrim.

Menurut Japan Times, serangan gelombang panas di Jepang akan berlanjut setidaknya selama sisa bulan Juli hingga awal Agustus. Badan Meteorologi Jepang memperkirakan, suhu panas terus terjadi di sepanjang Jepang. Suhu panas di Prefektur Kagoshima akan terus lebih tinggi dari biasanya hingga awal Agustus.

Badan Meteorologi Jepang memperkirakan panas akan berkurang ke tingkat musim panas biasa, atau sedikit lebih tinggi pada 4 hingga 17 Agustus.

Namun Weathernews Inc memperkirakan cuaca ekstrem akan kembali pada akhir Agustus hingga awal September karena kedatangan dua anticyclones Pasifik dan Tibet, di atas pulau utama Jepang.

Menurut Weathernews Inc, suhu rata-rata terendah dalam tujuh hari di Tokyo pada bulan Agustus telah meningkat 2,7 derajat sejak satu abad yang lalu. Sementara suhu rata-rata tertinggi yang bergerak selama bulan tersebut juga telah meningkat 1,5 derajat.

Perusahaan informasi cuaca yang berbasis di Chiba mengatakan, peningkatan suhu dapat dikaitkan dengan efek pulau panas, di mana suhu di daerah perkotaan ditutupi dengan peningkatan beton karena kurangnya pendinginan yang disediakan oleh pohon dan tanaman, serta panas yang dilepaskan oleh manusia. Seperti kegiatan industri dan mesin. (ina/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...