Di Tengah Gelombang Panas, Jepang Dihantam Angin Topan, 24 Orang Luka

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Belum selesai diserang gelombang panas dan efek dari banjir, kini Jepang dihantam lagi oleh angin Topan Jongdari. Angin topan tersebut menyerang pulau utama di selatan Kyushu setelah melewati bagian barat Honshu pada hari Minggu.

Seperti dilansir The Japan Times pada Minggu, (29/7), angin topan yang melanda selatan Kyushu tersebut setidaknya membuat 24 orang terluka dan menyebabkan panas yang ekstrim di wilayah Hokuriku di sepanjang Laut Jepang.

Namun, tidak ada cedera atau kerusakan karena Topan Jongdari. Pemerintah setempat telah menyarankan warga untuk mengungsi lebih awal sebagai tindakan pencegahan.

Topan itu membuat pendaratan dekat Ise, Prefektur Mie, Minggu pagi. Ini membawa hujan intens di daerah yang luas dan menyebabkan suhu naik mendekati 40 derajat Celcius di Hokuriku dalam fenomena yang dikenal sebagai Angin Foehn, atau udara lembab yang menjadi hangat dan kering setelah melewati pegunungan tinggi.

Penghitungan Kyodo News menunjukkan setidaknya 24 orang terluka selama akhir pekan. Di tempat lain, seorang pekerja retak kaki kirinya setelah jatuh dari atap sebuah rumah di Higashiosaka selama pekerjaan renovasi Minggu pagi. Atap rumah juga tertiup angin kencang.

Angin topan itu, yang berada di lintasan jalan ke barat yang tidak biasa, melintas menembus daerah-daerah yang dilanda bencana. Pemerintah mengeluarkan peringatan langka sebelumnya untuk membuat warga mengungsi lebih awal sebagai tindakan pencegahan.

Daerah-daerah itu tetap waspada karena Badan Meteorologi memperingatkan banjir dan longsor lebih lanjut, serta gelombang tinggi. “Saya takut hujan deras, tapi saya lega karena kami tidak mengalami kerusakan besar kali ini,” kata Nobuhiro Kanetomo, 40 tahun, di Kurashiki, Prefektur Okayama, salah satu daerah yang paling terpukul di awal Juli bencana hujan.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, angin topan Jongdari melambat menjadi 25 kilometer per jam karena terus ke barat menuju Kyushu, dan itu di sekitar Prefektur Saga pada pukul 10 malam. (ina/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...