Sudah 13 Calon Haji Wafat, Tim Medis Ingatkan soal Obat-obatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Jumlah calon jamaah haji (CJH) yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah. Hingga Minggu siang (29/7), sebanyak 13 CJH meninggal dunia karena berbagai penyakit. Mereka dimakamkan di beberapa tempat pemakaman umum di sana.

Ke-13 CJH yang meninggal dunia berasal dari berbagai embarkasi (lihat grafis). Kementerian agama (kemenag) akan membadalhajikan para CJH yang wafat sebelum melaksanakan wukuf di Arafah. Sebagai bukti, pihak ahli waris akan menerima sertifikat badal haji dari kemenag.

’’Nanti kita cari petugas haji, biasanya dari tenaga musiman (temus), yang memenuhi syarat. Misalnya, sudah pernah berhaji dan memahami badal haji,’’ ujar Ahmad Kartono, Konsultan Pembimbing Ibadah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Sementara Koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) Haji 2018, dr Jerry N. Pattimura SpPD menegaskan bahwa timnya siaga 24 jam untuk membantu jamaah haji yang sakit. Jerry mengimbau kepada jamaah haji yang mempunyai penyakit menahun untuk membawa obat-obatan dan meminumnya secara teratur.

Untuk para tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) kloter yang mendampingi jamaah, Jerry mengingatkan untuk selalu melakukan pemeriksaan secara rutin kepada jamaah haji, terutama yang dianggap memiliki risiko tinggi. ’’Dengan rutin periksa, maka bisa dilakukan deteksi dini yang lebih cepat,” terang Jerry.

 

Berikut daftar CJH yang wafat:

 

Nama                                          Embarkasi

 

  1. Widodo Bin Jimin (56) JKS-35
  2. Abdullah Noor bin Sidik (71) SOC-13
  3. Sukardi Ratmo Diharjo (59) JKS-1
  4. Hadia Daeng Saming (73) UPG- 5
  5. Ade Akum Dachyudi (67) JKS-13
  6. Sunarto Sueb Sahad (57) SOC-15
  7. Siti Aminah Rasyip (57) SOC-5
  8. Machyar Sahromi M. Thaif (78) JKS-6
  9. Katio Simanjutak (59) MES-2

10.Sanusi Musthofa Khafid (73) SUB-06

11.M. Sholeh bin Abu Bakar (74) SUB-23

12.Nordiani Bahrani Kursani (53) BDJ-03

13.Supriyati Teguh Adam (51)      SOC-5

 

(oni/jpk/jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...