Amien Rais Pastikan Peluang Anies Maju di Pilpres Sudah Pupus

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Peluang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (Capres) di Pilpres 2019 sudah pupus. Itu dipastikan oleh Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Menurut Amien, andai Anies tetap ngotot maju sebagai capres, maka harus meminta izin pada Presiden, itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2018 yang mengatur tata cara cuti penyelenggara negara.

“Yang jelas Anies sudah tidak mungkin karena kalau maju harus minta izin,” kata Amien di gedung DPR, Jakarta, Senin (30/7).

Mantan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu juga memastikan Anies masih harus mengurus ibu kota dalam kapasitasnya sebagai gubernur.

“Pak Anies bersikukuh menyelesaikannya tugasnya, itu sudah cukup,” ungkap Amien.

Menurut dia, kemungkinan besar capres dari koalisi nantinya adalah Prabowo Subianto. Hanya saja, kata dia, sampai saat ini calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo belum ditentukan.

“Ya kalau memang sudah seperti itu capresnya Pak Prabowo, cawapresnya memang sedang (digodok),” ungkapnya.

Seperti diketahui, PAN sampai saat ini belum memutuskan gabung koalisi Partai Gerindra-Partai Demokrat yang mengusung Prabowo Subianto, maupun kelompok petahana Joko Widodo (Jokowi).

Namun, dalam pertemuan kemarin antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo disepakati mengusung mantan Danjen Kopassus itu sebagai capres. Partai Gerindra dan Partai Demokrat yakin, PAN akan bergabung. (aim/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...