Berkas Tak Penuhi Syarat, Bacaleg Terancam Dicoret

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, GOWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa mengancam akan mencoret bakal calon legislatif (bacaleg) yang tidak memenuhi syarat. Itu setelah KPU Gowa memberikan batas waktu perbaikan berkas bacaleg periode 2019-2024 sampai pukul 24.00 Wita, Selasa (31/7/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa, Muhtar Muis mengatakan, proses perbaikan berkas caleg sesuai tahapan Pileg hanya sampai Selasa (31/7) hari ini.

“Proses perbaikan berkas masing-masing caleg hanya sampai pukul 24.00 Wita hari ini,” ujarnya di kantor KPU Gowa.

Dengan adanya ketentuan ini, lanjut komisioner berlatar jurnalis ini, maka tidak ada lagi kebijakan bagi yang terlambat memasukkan berkasnya.

“Ini artinya Parpol harus masukkan berkas calegnya hingga pukul 24:00, wita Dan sampai pukul 11.00 ini baru dua Parpol yang menyetor berkas perbaikannya ke KPU, yakni Gerindra dan PKB,” tuturnya.

Dengan kondisi ini, dia pun menghimbau para parpol agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin. “Setelah limit waktu sampai tidak ada yang masuk, kita verifikasi berkasnya tidak memenuhi syarat maka kami akan coret. Kalau Dapilnya tidak bersyarat maka Dapil di Parpol bisa hilang,” tegasnya.

Terpisah, LO DPD PAN Gowa, Syafruddin Oyo mengaku, partainya memilih untuk memasukkan berkas perbaikan pada hari terakhir.

“Kami sengaja pilih hari terakhir karena ada satu orang kita tunggu berkas pengunduran dirinya sebagai Kadus. Tapi pada prinsipnya berkas sudah siap di kantor tinggal dibawa ke sini (KPU-red),” katanya di kantor KPU Gowa. (muchtar/raksul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...