Cuaca Ekstrem Madinah Capai 45 Derajat, Jamaah Haji Rentan Dehidrasi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Jamaah asal Balikpapan di kelompok terbang (kloter) pertama tiba dengan selamat di Tanah Suci, pada Minggu kemarin (29/7). Hari pertama tiba, rombongan berjumlah 455 orang tersebut mengunjuni Masjid Quba.

Masjid yang dibangun Rasulullah pada 1 Hijriah atau 622 Masehi tersebut berjarak sekitar lima kilometer (km) dari Madinah. Rombongan juga mencicipi buah segar langsung dari kebun kurma.

Di sekitar masjid, terdapat pasar kurma yang menawarkan 40 jenis kurma. Usai mengunjungi Masjid Quba, jamaah berziarah makam di Zuhud.

Di sana terdapat 70 makam pejuang muslim yang wafat saat perang Uhud terjadi. Kegiatan keliling kota atau city tour diakhiri dengan kunjungan ke Masjid Qiblatain.

Lina Salud, salah seorang jamaah mengatakan, cuaca di Madinah sangat ekstrem. Pada saing hari, suhunya bisa mencapai 43 hingga 45 derajat Celcius.

Sengatan matahari yang terik itu tak hanya membuat jamaah lebih mudah berkeringat, tetapi juga mengalami dehidrasi. “Beruntung sejak di embarkasi Balikpapan kami dibagikan botol semprot untuk menyegarkan air ke wajah,” katanya dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Selasa (31/7).

Selain botol semprot yang bermanfaat, dia juga merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas mulai dari makanan hingga akomodasi perjalanan haji. Dia menambahkan hidangan yang disajikan selalu berganti.

“Kadang ayam, ikan atau daging. Buah-buahan juga dapat. Kami juga mendapatkan satu botol air mineral ukuran 600 ml saat makan. Pada malam, kami juga diberikan roti ataupun kue,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua regu 37 di kloter pertama ini, Samiun menambahkan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jamaah diwajibkan melaporkan keberadaan melalui layanan pesan. Jamaah juga bisa berkomunikasi langsung dengan ketua regu.

Sebagai informasi, jamaah haji kloter pertama Balikpapan tiba di Madinah pada Sabtu malam (28/7) sekitar puku; 18.00 waktu setempat. Mereka diangkut menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4101.

Pada sore ini, giliran kloter 4 calon haji asal Balikpapan diterbangkan menuju Jeddah. Rencananya jamaah akan mulai diberangkatkan pukul 17.00 wita. (jpg/est/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...