Nigeria Kerahkan 1.000 Personel Keamanan Atasi Bandit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Nigeria mengalami konflik sembilan tahun dengan Boko Haram hingga saat ini. Guna mengatasi hal itu Nigeria kini mulai mengerahkan pasukan udara dan 1.000 personel keamanan untuk menangani para bandit Boko Haram.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah memerintahkan untuk mengerahkan pasukan udara dan 1.000 personel keamanan untuk memerangi para bandit yang berada di bagian barat Nigeria pada Minggu, (29/7). Langkah tersebut diambil karena tingkat keamanan di Nigeria mulai menurun.

Kekuatan polisi bahkan dinilai tidak efektif telah memperburuk penegakan negara yang kian lemah terutama di daerah perkotaan. Militer sekarang ditempatkan di lebih dari 30 dari 36 negara bagian.

Sembilan tahun sudah Nigeria menangani konflik dengan Boko Haram dan Negara Islam Bagian Barat di timur laut Nigeria. Tak hanya itu, konflik di sebagian besar pedalaman antara petani dan penggembala yang sekarang lebih mematikan daripada perang melawan pemberontakan tersebut.

Para bandit telah menduduki barat laut selama bertahun-tahun, terutama di sekitar negara bagian Zamfara dan perbatasannya dengan negara Kaduna. Baru-baru ini bahkan terkuak ke publik kalau di sana banyak rentetan penculikan dan pembunuhan.

“Pemerintah Federal telah mengumpulkan kekuatan militer yang terdiri dari tentara, angkatan udara, polisi, dan pertahanan sipil untuk melancarkan serangan terhadap bandit yang meneror desa dan kota-kota di negara bagian Zamfara,” ungkap Buhari seperti dilansir Reuters.

Di bawah kepemimpinan Buhari, diharap 1.000 personel keamanan mampu mengatasi masalah bandit. Pada 2015 lalu, Buhari berkuasa dengan janji untuk memulihkan keamanan.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung dirinya kembali unggul pada pemilihan mendatang meskipun bagi para pengritiknya tindakannya membuat situasi menjadi lebih buruk. (trz/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...