Pemkab Gowa Buka Pendaftaran 193 Formasi CPNS

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, GOWA — Tahun ini, Pemerintah Gowa kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Untuk penerimaan baru ini, Pemkab Gowa mengusulkan 193 formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Kepala Sub Bidang Informasi dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Gowa, Arham Rachmat, Selasa (31/7/2018) mengatakan, awalnya awal tahun 2018 ini, Pemkab Gowa mengusul 1.007 formasi CPNS.

“Tapi setelah dilakukan seleksi di MenPAN akhirnya Gowa hanya mendapatkan 193 formasi. Dan itu juga usulan prioritas,” kata Arham.

Dikatakannya, berdasarkan arahan pusat, formasi yang diprioritaskan itu yakni formasi guru, tenaga kesehatan dan tenaga fungsional di bidang pekerjaan umum (PU).

“Yang 193 itu memang usulan prioritas saja dari semua SKPD yang kita akumulasikan yang prioritas hanya guru, analis kepegawaian, pekerja sosial, penyuluh pertanian, perkebunan dan tenaga fungsional dibidang PU,” katanya.

Sementara terkait honorer yang akan mengikuti tes CPNS, Arham juga mengatakan bisa tapi dengan syarat maksimal umur 35 tahun saja.

“Kalau honorer bisa, tapi yang berumur 35 tahun. Diatas itu tidak bisa lagi,” tambahnya.

Menyinggung honorer Kategori 2 (K2) yang hingga kini belum jelas, menurut Arham, pemerintah pusat dan DPR RI berjanji akan menuntaskan persoalan honorer tersebut Desember mendatang.

Dikatakan Arham, dari data yang ada terdapat 837 honorer yang sudah tervalidasi. “Yang valid itu 837 setelah dilakukan verifikasi 2014 lalu. Ini honorer yang dari tahun 2005,” katanya.

Dari jumlah itu yang terbanyak adalah tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan dan teknis dalam artian staf di kelurahan dan kecamatan maupun dinas.

Menyangkut persoalan K2, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Gowa, Chairul Natsir mengatakan hanya menunggu kebijakan dari pusat saja.

“Belum ada kebijakan baru, kita tunggu keputusan pusat. Tapi kalau mau terangkat harus ikut tes CPNS yang dibuka nanti,” kata Chairul Natsir yang segera memasuki masa pensiun ini. (saribulan/bkm/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...