Penertiban Rumah Potong Tunggu Perintah

Rabu, 1 Agustus 2018 - 07:02 WIB

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Rencana Pemkot Samarinda menertibkan rumah pemotongan unggas (RPU) di bantaran Sungai Karang Mumus (SKM) masih tanda tanya. Padahal, masalah itu sudah lama jadi sorotan karena limbahnya dibuang ke sungai.

Kabag Operasional (OPS) Satpol PP Samarinda Teguh Setya Wardana mengaku belum mengetahui posisi RPU itu. Pihaknya menunggu instruksi dari pejabat berwenang di Pemkot Samarinda.

“Kami tidak mungkin bertindak kalau belum ada perintah. Kan masih ada rapat yang membahas tahapannya,” kata Teguh.

Sebelum ditertibkan, kata dia, pemkot hendaknya bersurat kepada pihak RPU untuk memberi teguran. Sebab, tidak bisa langsung membongkar. Apalagi masyarakat sekitar belum diketahui mendukung atau tidak.

“Kalau memang melanggar sempadan sungai, apalagi limbahnya masuk sungai, itu jelas salah. Tapi, tetap perlu bersurat dulu,” tandasnya.

Pihak Satpol PP tinggal menunggu perintah. Untuk memperlancar penertiban, diperlukan dukungan dari RT, lurah, dan camat setempat. Termasuk TNI dan Polri.

Diberitakan sebelumnya, Sekkot Samarinda Sugeng Chairuddin menegaskan, RPU tersebut harus ditertibkan karena melanggar ketentuan. “Tinggal dicarikan solusi untuk memindahkan. Insyaallah secepatnya akan ditindaklanjuti,” inginnya.

Menurut dia, pihaknya perlu waktu satu hingga dua bulan untuk menentukan langkah-langkah yang tepat. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru. “Kami akan membahas langkah tepat yang akan dilakukan lebih dulu. Ada tahapannya,” terangnya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Samarinda Suparno mendukung apapun langkah pemkot. Dia meminta agar lokasi pemindahan layak dan strategis. Sehingga tidak mengeluarkan biaya transportasi yang besar. “Yang jelas mereka harus diberdayakan,” kata Suparno.

Dia menyayangkan limbah RPU tersebut dibuang ke SKM. “Sekarang SKM sudah tercemar. Jangan lagi tambah dicemari. Jadi, kalau bisa cepat ditindaklanjuti. Bagaimana mau mendapat penghargaan Adipura kalau sungainya tercemar,” ungkapnya. (*/dq/kri/k16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.