Pengangkatan Plt Sekwan Pinrang Tak Diterima Dewan, Ini Penyebabnya….

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PINRANG — Penunjukkan Abd Rahman sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Pinrang menggantikan Ahmad Side,menuai polemik antara pihak eksekutif dengan legeslatif.

Pimpinan DPRD Pinrang menilai pengangkatan pejabat Plt Sekwan tidak sesuai dengan prosedur. Wakil Ketua DPRD Pinrang Andi Ramdhani mengatakan, jabatan Sekwan berbeda dengan jabatan esolon II lainya.

“Sekretaris DPRD memang lex specialis, yang mekanismenya tidak sama dengan jabatan-jabatan eselon II di organisasi perangkat daerah lainnya”kata Andi Ramdhani, Rabu 1 Agustus, malam ini.

Menurut dia, penujukkan pejabat Plt sekwan dilakukan secara sepihak oleh Bupati Pinrang sangat meyalahi aturan. “Beberapa hal yang membedakan pengangkatan Sekretaris DPRD dengan jabatan esselon II lainnya. Pertama, dalam pengangkatan Sekretaris DPRD, bupati wajib memberitahukan DPRD bila sekretaris DPRD akan diberhentikan. Kedua, jika ingin mengangkat bupati wajib mengajukan tiga nama calon kepada pimpinan DPRD. Selanjutnya, pimpinan DPRD berkonsultasi dengan pimpinan fraksi,”jelasnya.

Legislator Partai Demokrat itu menambahkan akan menyoal kebijakan bupati soal penjukkan Plt Sekwan. Dari informasi dihimpun Abd Rahman diduga memiliki sejumlah masalah. Penyerahkan SK Plt Sekwan diserahkan oleh Plh Sekda Pinrang Islamuddin didampingi Kepala BKD M. Nasir diruang Sekda, Rabu sore.(mnr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment