Kebijakan LTV Cocok bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kebijakan LTV dari Bank Indonesia sudah resmi berjalan. Itu akan bersentuhan langsung untuk rumah komersial. Namun sebetulnya, kebijakan itu cocok bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang ingin memperoleh rumah subsidi.

Wakil Sekjen DPP REI, Arief Mone, mengutarakan, DP nol persen menjadi regulasi baru yang amat bagus untuk mendorong geliat properti. Khususnya, meretas angka backlog.

“Tapi sebetulnya, itu bagus bagi MBR. Memang kalau rumah subsidi, ada DP 1 persen. Kalau itu menjadi nol persen, akan punya pengaruh besar terhadap MBR,” nilainya, saat ditemui di Mal Ratu Indah Makassar, Jumat (3/8/18).

Ia mengatakan, MBR sebetulnya punya kemampuan untuk mengansur bulanan untuk rumah subsidi. Namun, biaya-biaya di depan kerap kali membuat MBR kesulitan membeli rumah.

“Biaya-biaya KPR itu berkisar Rp8 juta-Rp9 juta. Itu belum masuk DP-nya. Sebetulnya kalau tanpa DP, sangat membantu MBR,” terangnya.

Meskipun demikian, melalui agenda REI-FAJAR Ekspo Properti 2018, ia berharap baik itu MBR maupun yang ekonominya menengah ke atas, itu bisa mewujudkan impiannya, untuk memiliki rumah idaman.

“Saya lihat banyak teman-teman yang menyuguhkan promo menarik. Semoga itu bisa menjadi daya dorong bagi masyarakat untuk melakukan transaksi,”harapnya. (sul/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...