Kabar Gembira! Pemkab Gowa Naikkan Honor Kader KB, Segini Besarannya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, GOWA – Seluruh kader KB yang merupakan kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) yang tersebar di 18 kecamatan di Gowa patut bersukacita. Hal ini lantaran honor mereka sebagai kader KB dinaikkan sesuai janji Bupati-Wabup Gowa.

Honor kader PPKBD dan Sub PPKBD naik Rp50 ribu sehingga para kader kini menerima honor atas aktivitasnya menyuluh di masyarakat sebesar Rp250 ribu untuk kader PPKBD yang sebelumnya hanya Rp200 ribu per bulan dan honor Sub PPKBD menjadi Rp150 ribu sebelumnya hanya Rp100 ribu.

Di Gowa kata Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Gowa, Sofyan Daud, terdapat 167 tenaga PPKBD dan 167 tenaga Sub PPKBD sehingga totalnya 334 orang.

Para PPKBD ini biaya operasionalnya sebesar Rp250 ribu per bulan bersumber dari Dana DAK dan selebihnya 642 orang biaya operasionalnya Rp150 ribu per bulan yang sumber dananya dari APBD murni. Jadi total keseluruhan kader yang sudah di SK Bupati sebanyak 976 orang,” jelas Sofyan.

Menurut Sofyan, temu kader ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen para kader IMP dalam pelaksanaan program-program KB.

“Jadi ajang pertemuan kita kali ini sebagai wujud komitmen kita dalam melaksanakan program kerja dan tugas-tugas lainnya yang telah diberikan oleh Pemkab Gowa kepada Dinas PPKB,” tuturnya.

Kenaikan ini diprioritas Pemkab Gowa meski nilainya masih sangat standar. Yang jelas seperti dikatakan Wakil Bupati Gowa, kenaikan ini menunjukkan adanya perhatian pemerintah kabupaten dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para penyuluh KB dan merupakan realisasi dari janji Bupati dan Wabup Gowa di tahun 2016 lalu.

“Pada pertemuan pertama kita di tahun 2016 lalu kami menjanjikan meningkatkan biaya operasional kader KB, maka perjumpaan kita yang kedua tahun 2017 lalu telah kami realisasikan, rata-rata peningkatannya Rp50.000 setiap kader dan dibayarkan hingga sekarang,” jelas wabup.

Wabup Rauf juga mengatakan bahwa kenaikan honor para kader KB ini juga disebabkan prestasi bagi para penyuluh yang mampu melakukan kelahiran tercegah sebanyak 18.093 kelahiran selama 2017.

“Ini sangat membanggakan karena kerja keras kader KB dalam mengedukasi masyarakat untuk ber-KB berjalan baik dan berhasil menekan angka kelahiran. Ini tidak terlepas dari kerja keras kader KB kita di bawah,” tandas wabup.

Meski ada hasil dari kerja-kerja ini namun tambah Wabup Rauf, para kader KB tetap dimotivasi untuk meningkatkan kinerjanya demi kesejahteraan masyarakat ke depan.

Dalam temu kader yang diikuti kurang lebih seribuan orang di gedung Haji Bate Sungguminasa, Kamis (9/8/2018) siang, Wabup Rauf didampingi Wakil Ketua TP PKK Gowa, Mussadiyah Rauf diserbu para kader saat wabup dan istrinya melempar lima pertanyaan dan yang berhasil menjawab benar dan lengkap diberi bingkisan. (saribulan)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...