Terima Hasil Audit, Polisi Langsung Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Korupsi MAN IC

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –– Kasus dugaan korupsi pada proyek pembangunan gedung Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) memasuki tahap baru. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel telah menetapkan tiga orang tersangka.

Langkah ini dilakukan setelah penyidik menerima hasil audit perhitungan kerugian negara dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) beberapa waktu lalu.

Direktur Ditreskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan Wibisono membenarkan penetapan tiga tersangka tersebut. “Ada tiga tersangka yang sudah kita tetapkan tersangka di kasus ini,” ujarnya.

Mereka yang terseret dalam pusaran kasus ini adalah PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), konsultan pengawas dan rekanan. Hanya saja, Kombes Yudhi masih enggan merinci nama maupun inisial ketiga tersangka.

Yudhiawan menuturkan, dalam kasus ini BPKP menemukan adanya kerugian negara sebesar Rp7 miliar lebih. “Hasil perhitungan kerugian negaranya, itu ada total loss,” bebernya.

Menyusul telah ditetapkanya tiga tersangka serta kerugian dalam kasus ini, lanjut Yudhi, pihaknya segera menyerahkan berkasnya ke kejaksaan.

Proyek yang berlokasi di Desa Belapunraga, Kabupaten Gowa ini menggunakan menggunakan dana APBN tahun 2015 sebesar Rp8.230.000.000 melalui Kementerian Agama RI.

Namun, sekolah yang harusnya sudah bisa difungsikan sebagai sarana belajar mengajar, hingga saat ini belum rampung pengerjaannya. Bahkan proyek pembangunan tersebut telah terhenti dan bangunannya pun terbengkalai. (mat/rus)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...