43 Bacaleg Karanganyar Dicoret KPU – FAJAR –
Pileg 2019

43 Bacaleg Karanganyar Dicoret KPU

FAJAR.CO.ID, KARANGANYAR – Sebanyak 43 bakal calon legislatif (Bacaleg) Karanganyar terpaksa dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar.

Dicoretnya 43 bacaleg itu oleh KPU Karanganyar karena para bakal calon wakil rakyat itu tak melengkapi berkas pendaftaran, selama masa perbaikan dan mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) serta dipastikan tidak bisa ikut Pemilu 2019.

Hasil verifikasi yang dilakukan  oleh KPU Karanganyar, jumlah bacaleg peserta Pemilu Legislatif Karanganyar 2019 yang semula ada 486 saat mendaftar, berkurang 43 orang dan menyisakan 443 bacaleg.

“Bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat lantaran berkas administrasi mereka tidak lengkap hingga penutupan masa perbaikan,” ucap Komisioner Divisi Teknis KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, Minggu (12/8).

Maksum menyampaikan, sebanyak 12 bacaleg yang dinyatakan TMS tersebut, 6 orang di antaranya TMS karena  dalam daerah pemilihan (Dapil) tidak terpenuhi ketentuan minimal 30 persen perempuan. Jumlah itu terdiri dari dua caleg asal Partai Garuda, satu caleg dari Partai Perindo, dan sembilan caleg asal PBB.

“Ada beberapa caleg  (6 caleg) dari beberapa partai, yang mana mereka mereka memenuhi persyaratan, berhubung ada kuota perempuan yang tak terpenuhi di dapil tertentu, otomatis dinyatakan TMS karena dapil,” jelasnya.

Maksum menyebut, sebelumnya ada 25 caleg yang  mengundurkan diri saat masa perbaikan persyaratan caleg. Mereka yang mundur adalah 10 caleg dari Partai Nasdem, enam caleg dari Partai Garuda, satu caleg dari Partai Berkarya, satu caleg dari PPP, dan tujuh caleg dari PSI.

Masa perbaikan sudah dilakukan sejak Rabu (1/8/) dan ditutup  Selasa (7/8/) lalu.  Seusai verifikasi, KPU Karanganyar  menyusun dan menetapkan daftar caleg sementara (DCS) pada Rabu (8/8) hingga Minggu (12/8).

“Sementara itu DCS di Pemilu Legislatif 2019 di Karanganyar, masyarakat bisa melihat DCS yang dipasang di papan pengumunan mulai Minggu-Kamis (12-16 Agustus),” pungkasnya. [fiq/rmol]

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!