Lama Pemeriksaan Bakal Capres-Cawapres 9-12 Jam – FAJAR –
Pilpres 2019

Lama Pemeriksaan Bakal Capres-Cawapres 9-12 Jam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pasangan Bakal Calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Minggu (12/8) pagi melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan lolos atau tidaknya menjadi peserta di pemilihan presiden 2019.

Pemeriksaan ini, menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Dr Ilham Oetama Marsis memakan waktu lama. “Lama pemeriksaan antara 9-12 jam dengan diselingi waktu istirahat,” kata Ilham di sela-sela pemeriksaan Jokowi-KH Ma’ruf di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8).

Oleh karenanya, ucap Ilham, diperlukan kehati-hatian dan kesabaran dalam menjalankan pemeriksaan ini.

“Kesimpulan berupa calon mampu atau tidak mampu secara jasmani dan rohani, serta positif atau negatif penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya,” terangnya.

Berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang selanjutnya diatur dengan Peraturan KPU RI Nomor 22 tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pilpres, maka hasil pemeriksaan, paling lambat harus disampaikan kepada KPU RI 2 (dua) hari setelah pemeriksaan selesai dlakukan.

“Namun tim tetap berkomitmen untuk sesegera mungkin menyerahkan kepada KPU setelah melalui rapat pleno tim. Diharapkan pemeriksaan dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat segera disampaikan oleh Tim kepada KPU,” ujarnya.

Setelah itu, lanjutnya, yang berhak mengumumkan lolos atau tidaknya bakal capres-cawapres dari pemeriksaan kesehatan ini adalah KPU.

“Kami hanya menyampaikan rujukan atau rekomendasi. Selanjutnya kewenangan menyampaikan hasil dan keputusan menjadi kewenangan KPU RI,” pungkasnya.

Komentar lainnya diutarakan oleh Sekjen IDI Adib Khumairi yang menegaskan bahwa hasil pemeriksaan di RSPAD adalah final dan mengikat. “Sehingga tidak dibutuhkan (rujukan) pembanding dari rumah sakit lain,” tegasnya.

Hadir dalam jumpa pers ini, diantaranya Kepala RSPAD Gatot Subroto Dr Terawan Agus Putranto.

Diketahui, bakal capres-cawapres Jokowi KH Ma’ruf Amin mendapat kesempatan pertama melakukan pemeriksaan di Minggu pagi.

Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dijadwalkan diperiksa pada Senin (13/8/2018) pagi. (dil/idp)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!