Di Gowa, Pertamina Tawarkan Pinjaman Tanpa Bunga

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, GOWA – PT Pertamina (Persero) kembali menawarkan pinjaman tanpa bunga kepada semua pelaku UMKM. Tidak terkecuali di Kabupaten Gowa.

Unit Manager Communication & CSR PT. Pertamina MOR VII, Roby Hervindo, mengatakan, para pelaku UMKM cukup membayar biaya administrasi per bulannya yang hanya 3 persen. Lebih kecil bila dibandingkan dengan bunga yang ditawarkan oleh pihak perbankan.

Itupun, biaya administrasi 3 persen tersebut selalu menyusut setiap bulannya. Mengikuti sisa berapa nilai uang yang telah dipinjam. Misalnya, meminjam Rp10 juta, kemudian suatu waktu membayar setengahnya, maka biaya administrasi yang dikenakan dihitung pada berapa sisa utang tersisa.

“Biaya administrasi 3 persen ini pun sebenarnya bukan buat Pertamina. Tetapi (dikembalikan) kepada semua mitra yang telah meminjam. Untuk kemudian dilakukan pelatihan dan promosi atas usahanya,” kata Roby pada sosialiasi program kemitraan Pertamina Lorong Literasi Gowa, di Lorong Persatuan, Lingkungan Jeneberang, Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, Minggu, 12 Agustus.

Roby menambahkan, untuk mendapatkan pinjaman ini, harus punya bisnis UMKM yang berdiri minimal 5 bulan dan aset dari UMKM-nya tak lebih Rp500 juta. Tidak termasuk tanah dan bangunan.

“Terkait jaminan, Anda jangan khawatir. Tidak ditentukan Anda mesti menjaminkan apa. Itu bisa didiskusikan. Kalau boleh dibilang, jaminan ini hanya sebagai bukti bahwa Anda komitmen bermitra dengan Pertamina,” ucapnya.

Diakuinya, terkadang jaminan tersebut terkadang nilainya lebih rendah bila dibandingkan dengan uang yang dipinjam. “Kami tawarkan pinjaman maksimal Rp200 juta dengan waktu pengembalian maksimal tiga tahun,” ucapnya.

Tawaran ini mendapat respons dari warga. Mutiah yang punya usaha goreng kerupuk, berminat untuk mencobanya.

Lurah Tompobalang, Muhammad Rivan Maulana mengatakan, modal pinjaman ini sangat membantu masyarakat. Terlebih Pertamina tidak saja meminjamkan modal, namun juga ikut membantu suksesnya usaha tersebut.

“Artinya, kita bisa dibantu untuk melakukan promosi usaha. Ini positif sekali,” tandasnya. (sua/aha/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...